Jelang Porwanas XIII 2022, SIWO PWI Jatim Gelar Seleksi Cabor Futsal

Jelang Porwanas XIII 2022, SIWO PWI Jatim Gelar Seleksi Cabor Futsal Suasana seleksi Cabor Futsal yang digelar SIWO PWI Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - SIWO Jatim mulai melakukan seleksi pemain cabang olahraga (Cabor) Futsal di Lapangan Gool Mangga Dua, Jumat (2/9/2022). Seleksi ini untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang rencananya akan digelar di Malang Raya pada 21-27 November 2022.

Koordinator Cabor Futsal U-40, Maulana, mengatakan bahwa seleksi terbuka ini adalah untuk pembentukan tim Futsal U-40 yang akan diterjunkan di Porwanas XIII. Karena itu, sejumlah wartawan dari daerah-daerah diundang untuk mengikuti seleksi ini. Mulai dari Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, dan Surabaya

Baca Juga: Polda Jatim Gelar Sarasehan Media Jelang Pilkada 2024

"Kita minta daerah-daerah untuk mengirimkan 2-3 pemain terbaiknya yang telah mengantongi Kartu Biru atau anggota biasa yang dikeluarkan Pusat dan telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan oleh lembaga penguji Dewan Pers," ujarnya.

"Alhamdulillah, seleksi pertama berjalan lancar dan banyak yang hadir, baik dari Sidoarjo, Gresik, maupun Surabaya. Perwakilan dari daerah lainnya mungkin akan hadir pada seleksi berikutnya, karena pemberitahuannya memang agak mendadak," imbuhnya.

Untuk persiapan Porwanas XIII ini, Maulana mengatakan bahwa tim Futsal U-40 akan ditangani pelatih muda berpengalaman, Supriyanto. Untuk seleksi pembentukan tim Porwanas akan dilakukan sampai tiga kali agar pelatih punya kesempatan memilih pemain sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Baca Juga: ​Undangan Sambung Guyub Dianggap Pilih-pilih Wartawan, Humas Polres Kediri Kota Ngaku Lupa

"Ya, seleksi akan kita lakukan sampai tiga kali setiap Jumat. Ini untuk memberi kesempatan kepada wartawan dari daerah," tuturnya.

Ia turut menjelaskan kenapa seleksi dilakukan sampai tiga kali, pasalnya hal itu agar lebih fair, adil, dan semua punya peluang. Sehingga tidak ada kesan didominasi wartawan-wartawan dari Surabaya. Maulana menegaskan, penentuan pemain yang akan dibawa ke Porwanas XIII nanti, akan diumumkan setelah semua proses seleksi tuntas.

Soal siapa- siapa yang akan masuk skuat Futsal U-40 nanti, kata Maulana, sepenuhnya diserahkan ke pelatih.

Baca Juga: Polda Jatim Ajak Media Bersinergi Jaga Kondusivitas Pilkada 2024

"Kuota pemain adalah 12 orang. Saya memberikan keleluasaan kepada pelatih untuk memilih pemain sesuai dengan kriterianya. Saya tidak akan intervensi apalagi titip-titip pemain, karena yang tahu teknis di lapangan adalah pelatih. Jadi, soal teknis saya tidak ikut cawe-cawe," ungkapnya.

Maulana yang juga Ketua Sie Wartawan Surabaya Jatim menuturkan, setelah proses seleksi selesai dan nama-nama pemain diumumkan, nanti akan dilakukan latihan rutin untuk mematangkan tim agar tim U-40 bisa tampil solid. Mengingat persaingan di Porwanas XIII nanti bakal ketat karena provinsi lain juga telah mempersiapkan diri.

Soal uji coba, Mualana mengaku setelah tim terbentuk dan menjalani latihan rutin, memang ada rencana uji coba untuk mematangkan tim. "Itu nanti akan kita diskusikan dengan pelatih. Terpenting, kita seleksi pemain dulu secara fair dan adil," imbuh dia.

Baca Juga: Gandeng PWI Jombang, Cabdindik Gelar Bimbingan Strategi Pengelolaan Medsos

Soal target di Porwanas XIII 2022, dia menyatakan, untuk Tim U-40 memang tidak mematok target muluk- muluk. Tapi akan berjuang semaksimal mungkin untuk bisa juara.

"Sebagai tuan rumah kita akan tampil all-out. Kalau bisa, ya juara, "pungkas dia.

Baca Juga: Berangkat ke Porwanas XIV di Banjarmasin, 2 Atlet Catur PWI Kediri Targetkan Emas

Sementara pelatih tim Futsal U-40, Supriyanto mengatakan untuk pembentukan tim U-40 ini memang dilakukan lewat seleksi.

" Mas Maulana, sebagai koordinator tim U-40, memang mengundang pemain dari daerah-daerah untuk ikut seleksi. Saya lihat ada yang dari Gresik, Sidoarjo. Dengan begitu, untuk pembentukan tim, saya punya banyak pilihan. Yang jelas, saya memilih pemain berdasarkan kualitas dan kebutuhan tim, bukan yang lain," tandas dia.KBID-BE. (mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO