Di Bawean, Wabup Gresik Ungkapkan Kemiskinan Tembus di Angka 12,42 Persen

Di Bawean, Wabup Gresik Ungkapkan Kemiskinan Tembus di Angka 12,42 Persen Wabup Aminatun Habibah saat memberikan arahan kepada kepala desa dan warga Pulau Bawean. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke , Selasa (20/9/2022). Salah satu agendanya adalah menghadiri rapat koordinasi penyesuaian data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di Pendopo dan .

Wabup mengungkapkan bahwa berdasarkan data di dinas sosial (dinsos), kemiskinan di Kabupaten Gresik pada tahun 2022 masih tembus di angka 12,42% atau setara 166 ribu warga.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

Karena itu, ia mendorong Dinsos dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gresik mengejar upaya pengentasan kemiskinan lewat DTKS.

"DTKS nantinya akan jadi rujukan one data kemiskinan (ODT) dalam pemberian berbagai macam bantuan. Di antaranya, bantuan pangan non tunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH) reguler, BPNT dan PKH, PKH plus dan PKH inklusif," ucapnya.

Ia menyampaikan, tujuan dari pendataan ini adalah pemerataan kesejahteraan sosial melalui bantuan yang tepat sasaran. Dari data dinsos, di ada sebanyak 16.503 warga masuk DTKS. Sedangkan 29.168 orang.

Baca Juga: Kasus Dugaan Penyelewengan Dana CSR Beras: Kejari Gresik Periksa Kades Roomo, Sekdes Mangkir

Jumlah ini menurut masyarakat setempat masih terdapat data ganda. Untuk itu, dinsos bekerja sama dengan karang taruna, fatayat, dan muslimat, melakukan pengawalan data agar tersaji dengan akurat dan valid.

"Ini tinggal operator yang perlu diawasi dan didampingi oleh semua pihak agar tidak salah dalam memasukkan data. Karena validasi hanya bisa dilakukan dari desa. Kalau sudah masuk pusat tidak mudah dirubah lagi," jlentrehnya.

Ia juga mengingatkan agar DTKS terus diperbarui. "Data ini wajib di-update setiap bulan sekali. Jangan 3 bulan sekali, karena orang itu tiap bulan berubah," tegasnya.

Baca Juga: Kejari Gresik Periksa 8 Orang Buntut Dugaan Penyimpangan Beras CSR Desa Roomo

Sementara Kepala , Ummi Khoiroh, berharap melalui validasi ulang DTKS ini angka kemiskinan di Gresik dapat terkoreksi. Targetnya, tahun depan turun menjadi 10,7%.

"Langkah ini sebagai cita-cita bersama pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gresik, khususnya di dan ," ucapnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya menyiapkan bantuan sosial (bansos) PKH inklusif. "PKH Inklusif ini nanti akan berfokus pada para penyandang disabilitas dan lansia yang belum pernah mendapat bansos apapun," tegasnya.

Baca Juga: Beras dari Dana CSR Bau dan Tak Layak, Warga Desa Roomo Gresik Demo Kades

Di kesempatan yang sama, Kepala DPMD Abu Hasan mendorong para kepala desa agar kreatif dan adaptif mengikuti perkembangan zaman. Utamanya dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan Kabupaten Gresik.

"Saya berharap hubungan baik antara RT dan RW terjalin dengan baik, karena motor penggerak Gresik ini dimulai dari desa-desa," katanya.

Turut Hadir Camat Tambak Muhammad Nur Syamsi, Camat Syamsul Arifin, serta kepala desa. (hud/rev)

Baca Juga: NasDem Dikabarkan Berjuang Duetkan Kembali Yani-Aminatun di Pilkada Gresik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO