Peringati Satu Abad NU, PCNU Pamekasan Gelar Kirab Pataka 100 Kilometer

Peringati Satu Abad NU, PCNU Pamekasan Gelar Kirab Pataka 100 Kilometer PCNU Pamekasan saat menggelar kirab pataka sepanjang 100 kilometer dalam rangka memperingati Satu Abad NU.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - PCNU  menggelar kirab pataka sepanjang 100 kilometer. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan peringatan sejak Kamis (9/2/2023).

Pelepasan peserta kirab dilakukan Ketua PCNU , Kiai Taufik Hasyim. Kemudian, pataka dikirab ke kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) NU di Jalan Ronggosukowati, Kelurahan Kolpajung.

Baca Juga: Roadshow Polda Jatim Ajak Insan Media se-Madura Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024

Sekretaris Panitia PCNU Taufiqur Rahman Khafi, menjelaskan, pataka itu dikirab mengelilingi Bumi Gerbang Salam dengan menyusuri jalan sepanjang 100 kilometer sebagai simbol bahwa NU sudah berusia satu abad.

“Kirab diawali di PCNU dan akan berakhir di MWCNU Kecamatan Pegantenan pada tanggal 15 Februari mendatang,” ujarnya, Jumat (10/2/2023).

Ia menambahkan, kirab dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Kecamatan Pegantenan dipilih sebagai kecamatan terakhir tujuan kirab, karena malam puncak resepsi dilaksanakan di Kecamatan Pegantenan, tepatnya di Lapangan Kerab Pegantenan.

Baca Juga: Dituntut 4 Tahun Penjara, Terdakwa Kasus Narkoba di Pamekasan Bakal Banding

“Pataka akan diserahkan kepada Rais PCNU ketika malam puncak resepsi di Pegantenan,” imbuh pria yang juga Wakil Ketua PCNU ini.

Menurut dia, pataka NU yang sudah diterima di masing-masing MWCNU, bisa dikirab ke beberapa tempat sesuai dengan keinginan, misalnya bisa dibawa ke kediaman tokoh-tokoh NU, atau ke makam para tokoh NU setempat sambil berdoa.

“Kami berikan kebebasan kepada masing-masing MWCNU untuk berkreasi bagaimana pataka itu dikirab. Yang penting ketika sudah waktunya diserahkan kepada MWCNU berikutnya, harus sesuai dengan jadwal,” ungkapnya.

Baca Juga: Kick Off Hari Santri Nasional di Pamekasan, Khofifah Beberkan Peran NU untuk Kemerdekaan Indonesia

Kirab pataka ini bertujuan untuk mengingatkan memori perjuangan NU saat awal didirikan dimana Syaikhona Kholil Bangkalan, mengutus KH. As’ad Syamsul untuk mengirimkan tongkat dan tasbih kepada Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari sebagai simbol berdirinya NU. 

Kemudian, Kiai As’ad menyampaikan tongkat dan tasbih dengan cara berjalan kaki menuju Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Selain memori tersebut, ada juga perjalanan Komite Hijaz yang dilakukan oleh KH. Wahab Chasbullah untuk menemui raja Ibnu Saud di Hijaz Makkah, yang dijalani dengan penuh perjuangan yang berat untuk menyampaikan lima aspirasi kelompok Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

“Dengan semangat perjuangan Kiai As’ad dan Kiai Wahab Chasbullah itu, maka di 1 Abad NU ini semangat itu perlu dikobarkan lagi menuju abad kedua NU,” pungkasnya. (dim/mar)

Baca Juga: Pria di Pamekasan Perkosa Anak Tiri yang Masih SMP hingga Hamil 4 Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO