Bencana di Bawean, Ketua DPRD Gresik Minta OPD Terkait Turun ke Lokasi

Bencana di Bawean, Ketua DPRD Gresik Minta OPD Terkait Turun ke Lokasi Ketua DPRD Gresik, Much Abdul Qodir, dan kondisi bukit di Pulau Bawean pasca longsor. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bencana banjir bandang dan bukit langsor di Kecamatan Sangkapura, Pulau , , yang mengakibatkan sejumlah rumah tertimbun, sekolah ambruk, serta sejumlah jembatan putus mendapat tanggapan dari dewan/

"Saya sudah minta badan penanggulangan bencana daerah ( BPBD) untuk segera kirimkan bantuan ke . Secepatnya. Karena harus kita pastikan dulu bahwa kebutuhan pokok harian warga yang terkena musibah banjir bandang dan longsor dulu terpenuhi," kata Ketua DPRD , Much Abdul Qodir, kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Jadi Pimpinan DPRD Gresik, Mujid Riduan Siap Dilantik Belakangan

Ia mengaku telah menghubungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar segera melakukan pengawasan terhadap lingkungan di .

"Saya minta DLH segera ke melakukan pengawasan lingkungan. Informasi yang saya dapat terjadi kerusakan lingkungan. Makanya, harus dicek," pinta Ketua DPC PKB ini.

Menurut informasi yang didapat, salah satu penyebab bukit longsor dan banjir bandang di , karena di tahun-tahun terakhir banyak penebangan pohon yang dibawa ke Jawa.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

"Makanya, harus kita pastikan reboisasi di harus kita galakkan. Penebangan penebangan yang menjadi salah satu sebab banjir juga harus dipantau oleh LH," jelasnya.

Ia juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), dan Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) turun ke .

"OPD terkait harus bersama-sama untuk memastikan kawasan permukiman warga dan sistem pengendalian air warga dalam kondisi baik dan tidak berbahaya bagi warga kita disana," terangnya .

Baca Juga: SK Turun, DPP PDIP Tunjuk Mujid Pimpinan DPRD Gresik

Ia mengungkapkan, selama terjadi bencana baik banjir bandang dan bukit longsor di Pulau sebelumnya di tahun ini, ia belum melihat OPD terkait turun ke .

"Selama bencana terjadi, saya belum melihat OPD-OPD terkait turun ke pulau ," tegasnya.

Ia menambahkan, menyikapi bencana di pulau , ia sudah meminta Bipati , Fandi Akhmad Yani untuk segera perintahkan OPD OPD terkait, yaitu BPBD, DLH, DPUTR, dan DCKPKP segera turun ke untuk mengatasi musibah ini.

Baca Juga: SK DPP PDIP untuk Pimpinan DPRD Gresik Definitif Belum Turun

"Karena kalau tidak segera turun, kami khawatir bencana ini berlanjut. Mudah-mudahan itu tidak terjadi," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO