SMA Al Muslim Sidoarjo Sabet Sekolah Adiwiyata Nasional 2023

SMA Al Muslim Sidoarjo Sabet Sekolah Adiwiyata Nasional 2023 Penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2023 kepada SMA Al Muslim Sidoarjo di Jakarta. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMA Al Muslim meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2023. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Jakarta, Selasa (17/10/2023). Hadir dalam acara ini, perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Baca Juga: Mimik Idayana dan Sodik Monata Kulineran di Sentra UMKM Alas Kuto Sidoarjo

Penghargaan itu diraih SMA Al Muslim karena berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GBLHS), yaitu aksi warga sekolah dalam menerapkan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH).

Penghargaan ini diberikan kepada seluruh sekolah yang menerapkan GBLHS mulai dari sekolah dan madrasah se-Indonesia.

Sebelumnya, SMA Al Muslim telah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi pada tahun 2021. Program Sekolah Adiwiyata ini sangat mendukung visi dan misi sekolah yaitu menjadi sekolah yang rahmatan lil alamin.

Baca Juga: Penasihat Hukum Terdakwa Kasus Pemotongan Insentif ASN BPPD Sidoarjo Minta Majelis Hakim Vonis Bebas

Dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional.

Jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun ini meningkat dari tahun lalu, yaitu meningkat sekitar 36,7 % bagi Sekolah Adiwiyata Nasional dan 42,5 % bagi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

"Kami minta sekolah mendukung pemerintah menanggulangi permasalahan krisis sampah plastik dengan melakukan kampanye dan menjadi pelaku aktif dari pengurangan sampah plastik," kata Siti Nurbaya.

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

Kepala SMA Al Muslim , Mahmudah, menyatakan pihaknya sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. 

"Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi warga sekolah dan menjadi semangat agar kami bisa secara konsisten menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima pada Kamis (19/10/2023).

Mahmudah menambahkan, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua guru yang menjadi tim Adiwiyata, siswa-siswi kader lingkungan, dan semua warga sekolah yang mendukung terlaksananya program Adiwiyata di SMA Al Muslim.

Baca Juga: Warga Wonocolo Sidoarjo Digegerkan Penemuan Bayi Laki-laki dalam Rumah Kosong

Ia menyebut, bukan hal yang mudah dan butuh kerja keras agar bisa menerapkan program Adiwiyata Nasional di saat SMA Al Muslim juga menerapkan program sekolah penggerak, karena SMA Al Muslim juga merupakan Sekolah Penggerak Angkatan 1.

Kata Mahmudah, banyak hal-hal baru yang perlu direncanakan dan dilaksanakan agar implementasi kurikulum merdeka terlaksana secara optimal. Banyak upaya baru yang dilakukan oleh sekolah agar implementasi kurikulum merdeka dan program Adiwiyata terlaksana.

"Kolaborasi dan adaptasi kurikulum merdeka, program sekolah, dan program Adiwiyata banyak kami lakukan agar semua bisa terlaksana secara efektif dan efisien," tegas Mahmudah.

Baca Juga: Warga Tanjungsari Sidoarjo Dihebohkan Penemuan Mayat di Sungai

Mahmudah juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan bimbingan kepada SMA Al Muslim, instansi dinas terkait, lembaga swasta, perguruan tinggi, masyarakat sekitar yang menjadi mitra skeolah dalam melaksanakan program ini.

"Besar harapan kami agar SMA Al Muslim dan semua warga sekolah tetap konsisten dalam menerapkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup sehingga bumi kita tetap lestari dan ke depannya dapat menjadi sekolah Adiwyata mandiri," jlentrehnya.

Ditegaskan Mahmudah, yang terpenting perilaku ramah lingkungan hidup tidak hanya menjadi budaya akan tetapi menjadi karakter warga sekolah, sehingga di manapun berada perilaku ramah lingkungan hidup tetap dilakukan. "Hal inilah yang menjadi tantangan besar bagi kami," pungkas Mahmudah. (sta/mar)

Baca Juga: Lansia Tenggelam Hebohkan Warga Balongbendo Sidoarjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO