PAUD Disdik Sumenep Pastikan Pembangunan Area APE Luar Sesuai Juknis

PAUD Disdik Sumenep Pastikan Pembangunan Area APE Luar Sesuai Juknis Bangunan area APE luar di TKS Al Quran Suryalaya.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non-Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Lisa Bertha Soetedjo, memastikan pembangunan area APE (alat permainan edukasi) luar tahun 2023 sudah sesuai juknis.

Seperti yang direalisasikan pada TKS Al Quran Suryalaya di bawah Yayasan Suryalaya di Jalan Seludang Nomor 2A Sumenep. Ia menyebut TKS Al Quran Suryalaya menerima pembangunan area APE luar senilai Rp156.750.000 pada tahun anggaran 2023.

Baca Juga: Kepala DPUTR Sumenep Yakin Proyek Gedung DPRD Selesai Tepat Waktu

"Pembangunan area APE luar di TKS Al Quran Suryalaya ada di belakang sekolah. Posisinya, di area APE lama," ujar Lisa.

Ia mempersilakan masyarakat mengecek keberadaan area APE yang baru dibangun di TKS Al Quran Suryalaya.

"Awalnya (APE) kita di baratnya. Karena ada sesuatu hal, kita alih lokasi di tempat APE yang lama. Itu dengan catatan sekolah membongkar sendiri APE yang lama," kata Bertha kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di kantornya.

Baca Juga: Disperkimhub Sumenep Bakal Rehabilitasi Sejumlah Dermaga yang Rusak

"APE yang lama berada di samping. Sementara pembangunan area APE luar yang baru itu yang di tengah yang terdapat palem botolnya," ungkapnya.

Diketahui, pembangunan area APE luar tahun 2023 menggunakan anggaran DAK pusat yang sudah ditentukan dari kementerian.

"Pelaksanaan pembangunan area APE luar itu dikerjakan oleh rekanan atau kontraktor melalui penunjukan langsung," jelasnya.

Baca Juga: Tingkatkan Rapor Pendidikan Lewat Advokasi, Dukung Program Merdeka Belajar sebagai Agen Perubahan

Di sisi lain, Ook Syarif, warga Pengarangan Kecamatan Kota Sumenep, menuding realisasi pembangunan APE luar tahun 2023 dari DAK keluar dari juknis.

Ia mencontohkan pembangunan APE luar di TKS Al Quran Suryalaya hanya dipoles oleh cat warna-warni saja memanfaatkan bangunan lama. 

"Kelihatannya memang bagus jika hanya dilhat sepintas saja. Namun jika dilihat lebih teliti akan kelihatan bahwa bangunan itu adalah bangunan lama yang hanya dipoles dengan cat," cetusnya, Minggu (21/1/2024). (aln/rev)

Baca Juga: DPRD Sumenep Kawal CSR Tugu Keris Sebesar Rp2,1 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO