Hindari Konflik, 8 Perguruan Pencak Silat di Tuban Gelar Halal Bihalal

Hindari Konflik, 8 Perguruan Pencak Silat di Tuban Gelar Halal Bihalal Para sesepuh dan pimpinan pencak silat dari berbagai perguruan bergandeng tangan sebagai simbol menciptakan kerukunan. (suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 8 perguruan pencak silat di kabupaten menggelar halal bihalal di Desa Kalitengah, Kecamatan Bangilan, , Senin (27/7) malam. Hal itu dilakukan guna menghindari konflik maupun bentrok antar sesama pesilat.

Delapan perguruan tersebut diantaranya PSHT, Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa, Pencak Silat Kera Sakti, Cemande, Barong Pranajaya, Margoluyu, Persaudaraan Rumpun Setia Hati dan Tata Mataram.

Ketua Panitia Halal Bihalal, Mujoko Sahid ketika ditemui BANGSAONLINE.com mengatakan jika acara halal bihalal ini diikuti sekitar 2000-an orang lebih yang terdiri dari 8 perguruan pencak silat. Sedangkan pesilat yang hadir berasal dari 7 kecamatan seperti Kecamatan Bangilan, Senori, Parengan, Singgahan, Montong, Jatirogo dan Bancar.

“Kegiatan ini untuk menuruskan warisan kerukunan leluhur kami, agar antar pergruan saling rukun dan menghargai satu sama lain,” terang anggota silat dari PSHT itu.

Ditegaskan Sahid sapaan akrabnya, acara ini murni menjalin silaturrahim dan tidak ada unsur politik. Bahkan, berharap di daerah lain bisa meniru kegiatan yang serupa guna menjalin kerukunan antar perguruan. “Kegiatan halal bihalal ini sudah dilakukan sejak dulu, namun baru kali ini digelar secara meriah dengan melibatkan banyak pesilat dari beda perguruan dan beda wilayah,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pagar Nusa Cabang , Junaedi menyatakan senang atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan serupa bisa digelar pada even selanjutnya yang lebih besar dengan melibatkan berbagai perguran yang ada di seluruh Kabupaten . “Semoga ke depan teman-teman ini bisa membuat kegiatan yang lebih besar,” ungkap pria yang juga pengurus Ansor ini. (wan/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO