Libatkan Psikolog Hingga Babin, Kasus ATS Jadi Konsen Dikbud Kota Mojokerto

Libatkan Psikolog Hingga Babin, Kasus ATS Jadi Konsen Dikbud Kota Mojokerto Kepala Dikbud Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo berbicara dalam rakor penanganan ATS di wilayahnya

KOTA MOJOKERTO,BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan () membentuk team work untuk mengatasi (ATS). 

Sejauh ini, organisasi pemerintah yang menangani pendidikan dasar menengah tersebut masih belum bisa memastikan jumlah problem sosial ini karena pendataan yang baru berjalan.

Baca Juga: Menparekraf: Kota Mojokerto Jadi Contoh Pengembangan Ekonomi Kreatif

Tim ini bakal melibatkan sejumlah pihak diantaranya dari unsur TNI, Polri, Bappeda, hingga kelurahan. juga mengikutsertakan psikolog untuk penanganan kasus ATS.

Selain itu, turut menggandeng Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Majapahit, lembaga pendidikan non formal yang akan memfasilitasi penyetaraan pendidikan kejar paket A, B dan C.

"Saat ini kami konsen pada penanganan ATS. ATS merupakan salah satu kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kemiskinan, pengangguran, dan berbagai masalah sosial lainnya," ujar Kepala , Ruby Hartoyo, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga: Di Talkshow Show Case Bersama Menparekraf, Pj Gubernur Jatim Dorong Inovasi Parekfaf Daerah

Sasaran program ATS meliputi 3 kategori, lanjutnya, yakni mereka yang belum pernah sekolah, anak drop out, dan anak lulus tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Mereka yang tidak mampu melanjutkan akan difasilitasi pemda agar bisa meneruskan pendidikannya," imbuhnya.

Penyebab putus sekolah ada beberapa faktor. Mulai dari faktor orang tua yang dua duanya bekerja, broken home, pernikahan muda serta anak yang punya kecenderungan tidak taat.

Baca Juga: Dinsos P3A Kota Mojokerto dan LDK Beri Pembinaan Anak Jalanan dan Keluarga Kurang Beruntung

Untuk mengetahui jumlah dan penyebab kasus ATS, akan menyisir kelompok ini di bawah. 

Menurutnya, tim di tingkat kelurahan akan melakukan pendataan dan selanjutnya menginput ke aplikasi ATS mengenai jumlah dan penyebab ATS.

Program ATS ini mulai diluncurkan tahun 2024. Diharapkan penanganan kasus ini akan mengatasi problem sosial di masa mendatang. 

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Serahkan Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Difabel

Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain adalah memberikan bantuan pendidikan dan dukungan psikososial kepada anak putus sekolah dan keluarganya.

"Penanganan kasus ini dilihat kasus per kasus. Kalau misalnya kecanduan game, ya nanti kita libatkan psikolog dan kita arahkan agar mereka dapat kembali ke sekolah," pungkasnya. (yep/van

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO