Konsumsi Ikan Masyarakat Sidoarjo Naik

Konsumsi Ikan Masyarakat Sidoarjo Naik Kabid Perikanan DPK Sidoarjo Ir. Septiwati Nugraheni,MM. foto: khumaidi/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Melambungnya harga daging maupun ayam, membuat masyarakat beralih mengkonsumsi ikan segar sebagai pelengkap lauk pauk dalam makanan sehari-hari. Hal ini, berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) sesuai perhitungan produksi jumlah ikan, termasuk jumlah ikan yang keluar dan masuk ke serta jumlah penduduknya. Hasilnya, tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan per kapita selalu meningkat setiap tahunnya.

Kabid Perikanan DPK Ir. Septiwati Nugraheni,MM mengatakan, jika jumlah ikan yang keluar masuk dikalikan dengan populasi penduduk , maka tingkat konsumsi masyarakat terhadap lauk ikan sebagai pelengkap menu makanan cenderung meningkat secara signifikan. Terhitung sejak tahun 2014, konsumsi ikan masyarakat sebesar 28,04 kilogram per kapita per tahun.

"Apalagi setelah harga daging mahal. Masyarakat banyak yang berpindah mengkonsumsi ikan segar. Sisi lainnya ikan juga memiliki kandungan lemak yang bagus, termasuk kandungan Omega 3, sangat baik untuk pertumbuhan otak pada anak usia dini," jelas Septiwati ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Ditambahkan,ikan laut masih sulit menjadi kebutuhan pokok. Alasannya, bukan daerah potensi perikanan, seperti Lamongan dengan budidaya ikan dan ikan tangkapan laut.

"Namun, kontribusi data yang kita terima dari masyarakat membuktikan, upaya Dinas Perikanan dan Kelautan dalam mengkampanyekan gemar makan ikan sudah bisa mendekati berhasil," pungkasnya. (kmd/sho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO