Di Tuban Marak Ajakan Boikot Pilkada, 6 OKP Minta Penegak Hukum Usut Provokator

Di Tuban Marak Ajakan Boikot Pilkada, 6 OKP Minta Penegak Hukum Usut Provokator

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Terkait maraknya selebaran yang berisi ajakan boikot Pilkada Tuban 9 Desember 2015 mendatang, aparat penagak hukum di Tuban diminta mengusut tuntas oknum provokatornya.

Permintaan tersebut datang dari enam Organsiasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Tuban. Di antaranya Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Pemuda Pancasila (PP), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Forum Kumunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI), Pemuda Muhammadiyah (PM) dan Karang Taruna.

Dukungan untuk mengusut provokator pemboikotan Pilkada yang dipromotor sejumlah OKP tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan. Inti dari kesepakatan itu, 6 OKP siap membantu aparat penegak hukum dalam mengusut tuntas dalang seruan pemboikotan pilkada Tuban.

Wakil Ketua PC GP Ansor Tuban, Zito Warsito, selaku juru bicara enam OKP menyampaikan agar aparat penegak hukum segera mengambil tindakan pada oknum yang melakukan penyebaran pamflet. Pasalnya, kata Zito, oknum tersebut berupaya dan sengaja menggagalkan Pilkada. Tidak hanya itu, Zito juga meminta KPU dan Panwaskab sebagai penyelengara Pilkada ikut berperan dalam pencegahan pemboikotan Pilkada.

“Kami semua bersedia membantu aparat penegak hukum jika diperlukan untuk menemukan dan mengusut aktor penggagalan proses pilkada Tuban,” ungkapnya.

Pria yang juga sebagai sekretaris Asosiasi Kepala Desa (AKD) Tuban ini mengungkapkan, untuk mencegah banyaknya angka golput, KPU diminta berperan aktif sosialisasi pada masyarakat. Saran ini diberikan, pasalnya sesuai penelitian, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kapan penyelenggaraan pesta demokrasi berlangsung.

“KPU harus rajin-rajin sosialisasi, agar masyarakat berperan aktif dalam memilih kepala daerah,” harap Zito.

Terkait dukungan untuk mengusut tuntas provokator boikot Pilkada ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban melalui Komisioner Yayuk Dwi Setyorini mengapresiasi langkah OKP di Tuban. Dari dukungan ini, pihaknya berharap dapat menciptakan Pilkada yang demokratis dan berkualitas.

“Semoga ini dengan dukungan ini menjadi modal kami untuk menyukseskan event pilkada 9 Desember 2015 mendatang,” tutupnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO