Khitan Massal Semarakkan Haul Sunan Bonang Tuban

Khitan Massal Semarakkan Haul Sunan Bonang Tuban Peserta khitan saat dikhitan di komplek masjid Astana Sunan Bonang. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar 64 anak peserta khitan massal asal , Bojonegoro dan Lamongan membuat suasana haul tahun ini lebih semarak. Meski peserta khitan massal lebih sedikit ketimbang tahun lalu, namun prosesi khitan yang dilakukan di kompleks masjid astana , pada Kamis (5/11) tersebut tetap meriah.

"Target kita 100, kendati demikian tetap acara ini ramai. Soalnya banyak peserta dari luar," ungkap Teguh, Panitia khitan massal kepada BANGSAONLINE.

Dalam acara khitan massal ini, kata Teguh, panitia telah menyiapkan 5 mantri sunat dan 10 tenaga medis dari Rumah Sakit NU . "Terkait persiapan sudah OK, sehingga acara ini tetap lancar," imbuhnya.

Dijelaskan Teguh, khitan massal ini merupakan bagian dari acara haul . Ini dilakukan sebagai pengingat jasa sunan bonang dalam menegakkan ajaran agama islam di bumi nusantara, terlebih di bumi wali ini. "Kegiatan ini diharapkan bisa mengingat kembali sifat rendah hati yang dimiliki sunan bonang pada fakir miskin," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Mabarrot , KH. Ahmad Mundzir menuturkan, selain khitan massal juga ada  agenda lain pada acara haul tahun ini di antaranya pertemuan alim ulama se-Kabupaten di masjid Astana , pada Selasa (27/10) lalu. Kemudian, pada Minggu (01/11) kemarin kegiatan Tahtimul Qur’an bin Nadhor di seluruh masjid dan mushola se-Kecamatan . Selanjutnya, pada Rabu (04/11) Tahtimul Qur’an bil Ghoib di masjid dan mushola se-Kecamatan . Lalu pada malam harinya dilangsungkan pagelaran Hadrah ISHARI se-Jawa Timur dengan pembacaan Maulid Barzanji.

"Sedangkan acara puncak Haul Akbar dengan pengajian umum di Alun–alun kota dengan pembicara KH. Agus Mashuri dari Sidoarjo dan Habib Umar Muthohar dari Semarang, pada Kamis malam Jum’at Wage (5/11)," kata kiai yang juga wakil Rois Suriyah PCNU ini. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO