Giliran Penghuni Lapas Mendapat Sosialisasi dari KPU Tuban

Giliran Penghuni Lapas Mendapat Sosialisasi dari KPU Tuban Suasana sosialisasi Pilkada Tuban pada narapidana di Lapas Kelas 2 B. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setelah beberapa kali melakukan sosialisasi di berbagai tempat maupun kelompok tertentu. Kini gilliran penghuni Lembaga Permasyarakatan (lapas) kelas 2 B Tuban yang mendapat sosialisasi terkait Pilkada 2015 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban di aula lapas setempat, Selasa (17/11).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini kepada sejumlah awak media mengungkapkan, sosialisasi terhadap penghuni lapas ini di antaranya tentang tata cara pencoblosan Selain itu, dalam sosialisasi ini narapidana juga dikenalkan terhadap dua pasangan calon yang maju dalam kontestan pilkada serentak 2015 di Tuban. Yakni, pasangan calon Huda-Noor dan Zadit. 

“Sosialisasi ini difokuskan pada tata cara pemilihan saat berada di TPS,” terang Yayuk.

Menurutnya, sosialisasi tata cara pencoblosan Pilkada Tuban pada narapidana ini dinilai penting. Sebab, mereka memiliki hak yang sama dalam memilih seorang pemimpin calon Bupati dan wakil Bupati Tuban pada lima tahun mendatang. “Di lapas ini, nanti akan ditempati 1 TPS 6, yang berada di Kelurahan Sendagharjo,” terangnya.

Yayuk menjelaskan, di lapas kelas 2 B ini terdapat 189 pemilih yang masuk dalam (Daftar Pemilih Tetap). Sementara narapidana yang tercatat dari daerah asal berjumlah 133 pemilih. “Pemilih yang tercatat dari daerah asal, nantinya diberi formulir A-5,” tandas Yayuk. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO