Tunjangan dari ADD Cair, Para Ketua RT di Tuban Minta agar tak Dipangkas

Tunjangan dari ADD Cair,  Para Ketua RT di Tuban Minta agar tak Dipangkas ilustrasi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pencaiaran tunjangan untuk Rukun Tetangga (RT) di yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebentar lagi akan mengucur. Namun, banyak ketua RT meminta agar dana tersebut tidak dipangkas.

Tunjangan untuk RT berasal dari ADD sebesar Rp 100 ribu per bulan. Setiap pencairan 6 bulan sekali dan mengucur setiap akhir semester. Tapi pembagian tunjangan tersebut di lapangan terjadi pemangkasan dan dibagikan separuh.

Penelusuran bangsaonline.com di lapangan, Sabtu (28/11), terdapat beberapa desa yang pembagiannya dipangkas alias tidak diterima secara utuh. Nasib tersebut dialami oleh sejumlah ketua RT di Desa Siding, Kecamatan Bancar dan Desa Sumurgung, Kecamatan .

Besaran pemangkasan dari kedua desa itu berbeda. Di Desa Siding sekitar 28 tunjangan RT dipangkas Rp 100 ribu. Alasan pemangkasan, untuk ganti rugi petugas yang mengambilkan uang tersebut.

Sedangkan, di Desa Sumurgung, Kecamatan , pemangkasan tunjangan RT lebih besar yaitu Rp 300 ribu. Dengan alasan dari pihak desa, karena menyesuaikan kondisi keuangan desa.

“Benar pencairan tunjangan RT yang kemarin ada pemangkasan, kami minta untuk tunjangan yang akan datang ini tidak dipangkas,” ujar salah satu ketua RT saat ditemui bangsaonline.com yang namanya minta dirahasiakan.

Sementara Sutoyo salah satu Ketua RT asal Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, saat ditemui mengaku, sudah menerima tunjangan dengan benar. Tetapi, Ia prihatin dengan nasib sejawatnya yang menerima tunjangan tidak utuh. Padahal semestinya tunjangan tersebut harus diserahkan secara utuh. Sebab, peran RT dimasyarakat sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Ibarat pasukan, RT ini adalah prajurit yang selalu di depan, jadi kami minta pak Bupati supaya mengarahkan kepada pak Camat dan Kepala Desa untuk membagikan tunjangan tersebut dengan benar dan diberikan secara keseluruhan,” pinta Toyo sapaan akrabnya.

Terpisah, Camat Bancar, Murtadji dan Camat Kota, Agus Hanfi saat dimintai keterangan mengenai tuntutan ketua RT agar tunjanganya tidak dipangkas, belum memberi jawaban. Ketika ditelpon berkali-kali oleh bangsaonline.com tidak diangkat.

Sumber: harian bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO