Puluhan Siswa Gresik Ikuti Lomba Ciptakan Energi Baru

Puluhan Siswa Gresik Ikuti Lomba Ciptakan Energi Baru Para siswa saat memperagakan keahlian di depan para dewan juri. (foto: syuhud/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - -Puluhan siswa SLTA(Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) mengikuti lomba ciptakan energi terbarukan di kantor Pemkab Gresik, Sabtu(5/3).

Mereka memeragakan puluhann karya dalam Lomba Karya Cipta Inovasi Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2016 ini.

Lomba kali ini dalam rangka memeriahkan HUT Pemkab Gresik ke 42 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 529 diikuti oleh 22 karya siswa sekolah setingkat SMP/SMA dan SMK. Sedangkan 15 karya lain dipersembahkan oleh peserta mahasiswa dan umum.

Satu persatu karya didemonstrasikan oleh kelompok peserta di ruang kantor Bupati Gresik. Satu diantara anggota kelompok tersebut mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri.

Tak hanya mendengar, anggota dewan juri yang merupakan para pakar dari Perguruan tinggi di antaranya, Prof. Heri Suryoatmojo, PH.D, Prof Hardy, dan Imam Asyari dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur yang juga Doktor dibidang tehnik sering mengajukan pertanyaan kepada peserta terkait karyanya.

“Berapa banyak tebu yang dibutuhkan untuk menghasilkan bahan bakar pengganti premium ini? Andai karya anda ini digunakan di daerah yang tidak menghasilkan tebu bagaimana solusinya? Pertanyaan ini disampaikan Imam Asyari saat menilai karya yang berjudul “Bio etanol tebu solusi lain bahan bakar premium".

Beberapa interaksi yang lain ditunjukkan oleh SMK Islamic Qon Gresik yang menyertakan karya bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO