Lomba Cipta Inovasi Energi Baru Pemkab Gresik: Mahasiswa ITS dan Siswa SMKN 1 Driyorejo jadi Juara

Lomba Cipta Inovasi Energi Baru Pemkab Gresik: Mahasiswa ITS dan Siswa SMKN 1 Driyorejo jadi Juara MEMBANGGAKAN: Wabup Moh. Qosim saat menyerahkan trofi kepada pemenang lomba. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Muhammad Ali Fikri, mahasiswa ITS asal Sidayu Gresik dan R. Rizky Agung Pratama Putra asal SMK Negeri I Driyorejo berhasil memenangi Lomba Karya Cipta Inovasi Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2016.

Atas prestasinya sebagai juara I tingkat Umum dan Mahasiwa, mereka masing-masing berhak mendapat hadiah berupa penghargaan, trofi serta uang tunai sebesar Rp 8,5 juta rupiah. Sedangkan untuk juara I tingkat pelajar SMP/SMA dan SMK mendapat uang tunai Rp 7,5 juta rupiah.

Hadiah dan trofi diserahkan oleh Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim saat penutupan Gresik Fair yang berlangsung di Halaman Wahana Ekspresi Pusponegoro, Sabtu (5/3), malam.

Fikri dan Rizky menang setelah keduanya meyakinkan dewan juri yang beranggotakan para pakar dari perguruan tinggi. Di antaranya, Prof. Heri Suryoatmojo, PH.D, Prof Hardy, dan Imam Asyari dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur yang juga Doktor di bidang tehnik.

Muhammad Ali Fikri sendiri mempresentasikan karyanya yang berjudul Hellio-g: Hybrid Electric Generator. Menurutnya, karyanya tersebut adalah sebuah generator yang memanfaatkan radiasi cahaya.

Sedangkan R. Rizky Agung Pratama Putra menyatakan dirinya berhasil meraih juara pertama setelah mengikutkan karyanya yang berjudul Kompor Changer Teknologi Termo Listrik.

Kepala Administrasi Sumber Daya Alam Pemkab Gresik, Adiana Setiawati mengatakan ini adalah sebuah prestasi baik bagi putra-putri Gresik, mengingat lomba diikuti oleh beberapa peserta dari luar.

“Semoga keberhasilan ini bisa memberikan motivasi kepada yang lain terutama putra Gresik untuk lebih berprestasi. Sehingga, masyarakat tidak tergantung dengan energy yang hanya dihasilkan dari fosil atau BBM," katanya.

Pemkab, tambah Adiana bertekad untuk terus mengembangkan kreativitas masyarakat melalui penyelenggaraan lomba-lomba serupa. “Tentu dengan peningkatan kualitas lomba serta peningkatan hadiah dengan harapan terciptanya sinergitas antara program pemerintah, kebutuhan masyarakat dan ketersediaan alam serta kesiapan masyarakat memanfaatkan sumber daya alam dengan sebaik baiknya dan seefisien mungkin," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO