Pendaftar Calon Jama'ah Haji di Tuban Terus Menurun

Pendaftar Calon Jama Jamaah haji asal Tuban saat pulang dari Makkah 2015 lalu. foto: suwandi/ BANGSAONLINE.com

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah pendaftar Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten terus mengalami penurunan. Sudah tiga tahun terakhir ini jumlah pendaftar terus berkurang hingga ratusan.

Menurut data di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan, pada 2013 lalu jumlah CJH yang mendaftar mencapai 3.555 orang, namun pada tahun berikutnya 2014 menurun jadi 3.326 CJH. Sedangkan, 2015 lalu calon yang mendaftar tinggal 3.129 CJH. 

Kasi Haji dan Umroh Kemenag , Abdul Ghofar kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (22/3), membenarkan fenomena penurunan ini. 

"Mungkin daftar tunggunya yang lama jadi pendaftarnya menurun. Tapi setiap yang akan mendaftar kami selalu motivasi agar tetap mendaftar. Terkait kapan berangkatnya, itu menjadi kehendak Allah," kata Ghofar sapaan akrabnya.

Ia membeberkan, untuk pemberangkatan calon jama’ah haji di tahun ini merupakan kuota pendaftar pada 2009 dan ditambah dengan CJH yang daftar pada 14 Januari 2010. Sebelum diberangkatkan, CJH tersebut akan mendapatkan bimbinhan dari petugas Kemenang terdahulu.

"Yang berangkat tahun ini sudah mulai diberi bimbingan. Saat ini bimbingannya masih di tingkatan KUA," cetusnya.

Disoal terkait kendala, Ghofar menjelaskan, sampai saat ini kendala yang kerap dihadapi CJH maupun petugas Kemenag ialah pengurusan paspor. Pasalnya, identitasnya antara di KTP dan KK ada perbedaan. Sehingga, masalah sepeleh itu cukup merepotkan petugas.

“Kendala yang sering saat dialami calon ketika pengurusan identitas paspor,” katanya.

Sementara itu, pada 2015 lalu Kemenag memberangkatkan sebanyak 633 CJH dari kuota calon jemaah di sebanyak 652 orang. Terdiri dari CJH laki-laki sebanyak 303 dan jumlah calon jamaah perempuan sebanyak 330.

Pemberangkatan dengan kelompok terbang (kloter) 35 dan 36, yang mana untuk kloter 35 full jamaah dari . Sedangkan untuk yang kloter 36 merupakan gabungan dengan jamaah dari Batu Malang. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO