Waisak, Umat Budha di Ponorogo Gelar Silaturahim

Waisak, Umat Budha di Ponorogo Gelar Silaturahim Generasi muda umat Budha saat membersihkan altar menjelang perayaan Waisak, di Dusun Sodhong Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung, Ponorogo. foto: BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah umat Budha di Dusun Sodhong Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung , menggelar silaturahim, untuk merayakan Hari Raya , Minggu (22/5). Di dusun itu, penganut Budha menggelar kegiatan selama sebulan untuk menjemput perayaan .

“Acara hayat dimulai satu bulan yang lalu mas, tadi malam penutupan dan dirangkaikan dengan detik-detik waisak pukul 04.00 WIB tadi pagi. Detik-detik waisak adalah hari lahir Budha, waktu menerima wahyu dan saat Budha meninggal dunia menuju nirwana, yaitu saat sempurnanya bulan purnama,” ujar Saiman (86), sesepuh umat Budha, di Dusun Sodhong.

Sementara, Ketua Vihara Dharma Dwipa, Suwandi, menyatakan, acara penutupan menghayat ajaramn Budha, tadi malam dihadiri Muspika, Perangkat Desa, Tokoh Agama.

“Kami berupaya untuk sungguh-sungguh menjalankan ajaran Budha termasuk menjaga kerukunan dengan sesama dan penganut agama lain”, ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa Gelang Kulon, Surono menyatakan wilayah Sodhong merupakan wilayah yang istimewa. Sebab pengikut Budha yang berjumlah 30 KK atau 125 jiwa, bisa hidup berdampingan dengan saudaranya yang beragama Islam dan Katolik. “Kami akan terus membawa suasana kondusif ini sampai kapanpun”, cetusnya. (po1/jar/sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO