Jadi Inspirasi, Ridwan Asyfi: Ayo Kuasai Jagad dengan Shalawat

Jadi Inspirasi, Ridwan Asyfi: Ayo Kuasai Jagad dengan Shalawat Muhammad Ridwan Asyfi saat live di Tuban. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Membaca kepada kekasih Allah, Muhammad SAW kini sudah menjadi budaya. Di mana-mana setiap ada acara yang berbau religius pasti ada pembacaan baik dilakukan oleh kelompok maupun perorangan. Selain itu, lagu-lagu qasidah yang terjual melalui VCD juga digemari masyarakat.

Di sendiri, geliat anak-anak muda dalam mensyiarkan semakin nyata. Saat ini, hampir di setiap desa ada sebuah group rebana atau hadrah baik itu jenis modern maupun lama (al-banjari).

Baca Juga: Deklarasi Relasi Jamur, Ketua Dekopinwil: Jangan Sampai Jatim Dipimpin Selain Khofifah

"Kuasai Jagad dengan Shalawat". Kata itu sering disampaikan Muhammad Ridwan Asyfi, vokalis ternama kelahiran 9 Agustus 1995 asal Desa Banjaran, Kecamatan Baureno, .

Dengan kelebihan suaranya yang merdu, Ridwan ingin masyarakat dan seluruh nusantara membiasakan membaca . Karena sirr (rahasia) sangat banyak. Semakin banyak dibaca semakin banyak pula rahasia dan faedahnya.

Memang, nama Ridwan Asyfi sedikit asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Tapi di kalangan para santri, nama salah satu vokalis group Al-Muqtashida Langitan, ini sudah menancap di hati. Fans-fans yang mengidolakan lantunan sholawatnya banyak berserakan di mana-mana. Bukan hanya dari kalangan kaum santri, namun dari kalangan pemuda-mudi biasa juga banyak.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Masjid Darussalam Trucuk Bojonegoro, Khofifah Bahas soal Perdamaian Gaza

Dia terbilang sukses menjadi salah satu inspirasi gemar membaca bagi anak-anak, pemuda hingga orang dewasa. Itu terlihat dari penjualan keping VCD Al-Muqtashida yang meledak dalam setiap album yang dikeluarkan Pondok Pesantren Langitan, Tuban itu.

"Terakhir album Fi Hubbi (dalam naungan cinta Rosul SAW)," ujarnya kepada bangsaonline.com.

Beberapa album Al-Muqtashida itu keluar berkat amanah banyak lagu yang diberikan oleh pembina, mulai dari album pertama "Rooyatul Hubb", Madza Aqulu hingga Lagu yang paling hits dan mendongkrak penjualan VCD Al-muqtashida, yakni Rohman Ya Rohman dalam album "Wasyauqoh".

Baca Juga: ​Berangkatkan Jalan Sehat Hari Koperasi di Bojonegoro, Khofifah: Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Lagu tersebut usai launching langsung melekat di mulut para penggemarnya, dan sering kali dinyanyikan para pemuda dalam acara-acara tertentu.

Hadirnya lagu-lagu religi yang dikemas menarik dan dinyanyikan dengan suara merdu oleh Ridwan Asyfi itu sungguh menggembirakan. Selain karena isi kandungan makna lagu yang sangat hebat, dia berusaha eksis dan menyampaikan pesan-pesan agama melalui lagu-lagu kasidah yang menarik.

Lagu-lagu religi ini bisa diterima di tengah gencarnya industri musik di Tanah Air. Dan kita tahu juga, pasaran musik di daerah juga ramai dengan membanjirnya lagu-lagu dangdut koplo.

Baca Juga: Baru Sebulan Musim Kemarau, Satu Desa di Bojonegoro Sudah Terdampak Kekeringan

Sehingga, hidupnya lagu-lagu religi dan kasidah ini sungguh seperti oase di padang pasir. Lagu-lagu yang dihadirkan menjadi penyejuk di tengah ingar-bingar industri musik di Tanah Air.

"Kita berharap karya lagu-lagu Islami ini bisa terus tumbuh dan berkembang. Bukan hanya pada saat momen Ramadan saja, tetapi kapan pun waktunya," pungkasnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO