Baznas Sidoarjo Salurkan Zakat Fitrah ke Daerah Terpencil

Baznas Sidoarjo Salurkan Zakat Fitrah ke Daerah Terpencil SIMBOLIS: Ketua Baznas Sidoarjo H Vino Rudy Muntiawan menyerahkan zakat fitrah kepada lembaga, di Pendopo Delta Wibawa, Sabtu (2/7). foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sidoarjo membagikan zakat yang dikelolanya kepada 300 lebih lembaga, di halaman Pendopo Delta Wibawa, Sabtu (2/7). Zakat yang dibagikan kali ini juga disalurkan kepada daerah terpencil di Sidoarjo.

Secara simbolis, tadi pagi Ketua Baznas Kabupaten Sidoarjo H Vino Rudy Muntiawan menyerahkan zakat tersebut kepada beberapa lembaga. Tiap-tiap lembaga mendapatkan zakat berupa beras seberat 25 kg dari Baznas Kabupaten Sidoarjo.

Baca Juga: Baznas Sidoarjo Berikan Bantuan untuk Penderita Cerebral Palsy

Ketua III Baznas Kabupaten Sidoarjo Ilhamuddin mengatakan ada 300 lebih lembaga yang akan menerima zakat hari ini. Sebanyak 551 orang pasukan kuning dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo juga salah satu penerimanya.

Zakat yang dibagikan kali ini juga disalurkan kepada daerah terpencil di Sidoarjo. Seperti di Dusun Kepetingan Desa Sawohan Buduran. Untuk besok, kata Ilhamuddin, zakat akan dibagikan kepada 4 ribu lebih fakir miskin. Mereka akan mendapatkan 3 kg beras.

Dia mengatakan seluruh zakat yang dihimpunnya berasal dari seluruh PNS Sidoarjo. Selain itu diperoleh dari para PNS di instansi vertikal Sidoarjo dan BUMN maupun BUMD. Ia berharap pengumpulan zakat dari tahun ketahun dapat meningkat.

Baca Juga: Baznas Sidoarjo Gelar Makan Siang dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Alun-Alun

Untuk itu ia berharap kepada para PNS di Sidoarjo dapat langsung menyetorkan zakatnya kepada Baznas Sidoarjo.

Ia mengingatkan kepada para PNS untuk dapat menunaikan kewajiban berzakat. Ia berharap para PNS Sidoarjo tiap bulannya dapat menyalurkan zakat mal-nya di Baznas Sidoarjo.

“Bukan hanya infaq dan shodaqoh tapi mereka dapat melaksanakan kewajibannya untuk berzakat,” ujarnya.

Baca Juga: Baznas Sidoarjo Kurban 50 Kambing untuk Masyarakat Kurang Mampu dan Lokus Stunting

Sementara itu Pelaksana Harian Baznas Kabupaten Sidoarjo Fathoni mengatakan saat ini telah terkumpul 27 ton beras zakat. Dan itu masih dapat bertambah seiring masih ada yang menyerahkan zakat di Baznas Sidoarjo. Ia mengatakan kupon-kupon penerima zakat telah dibagikan langsung oleh Baznas Sidoarjo. Lembaga-lembaga maupun fakir miskin telah didata dan berhak mendapatkannya.

Sedangkan H Ahmad Mudion, salah satu penerima dari lembaga mengaku bersyukur mendapatkan zakat kali ini. Ia yang juga seorang pengurus Musala Al-Jomah sekaligus pengurus TPQ Roudhatul Ilmi Desa Buduran mengaku tiap tahun mendapatkannya.

Nantinya zakat yang diperolehnya akan disalurkan kepada jamaah musalanya yang kurang mampu serta santri TPQ nya yang juga kurang mampu. Ia berjanji akan amanah menyalurkan 50 kg beras dari Baznas Sidoarjo dan zakat yang diterimanya dari masyarakat sekitarnya. (sta/rev)

Baca Juga: Baznas Sidoarjo Bagikan 110 Paket Beras di Dusun Kepetingan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO