Budayakan Gemar Membaca, Halte di Gresik Dilengkapi Perpustakaan Mini

Budayakan Gemar Membaca, Halte di Gresik Dilengkapi Perpustakaan Mini Bupati Sambari ketika launching perpustakaan mini di halte Jalan Veteran, Kebomas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Sambari Halim Radianto terus berupaya keras untuk mengajak masyarakatnya agar gemar membaca. Ide cerdas dan inovatif pun terus dimunculkan orang nomor satu di Pemkab ini.

Di antara ide cerdas itu adalah membuat perpustakaan mini di halte-halte yang tersebar di Kabupaten .

Baca Juga: Korupsi Hibah UMKM Gresik, Direktur YLBH FT Pertanyakan Status Siska dan Joko

Pagi tadi (26/1), Bupati meresmikan perpustakaan mini di halte jalan Veteran Kecamatan Kebomas. Perpustakaan mini tersebut hasil kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Perhubungan dan Bank Jatim Cabang .

"Halte yang dilengkapi perpustakaan mini ini adalah peresmian perdana yang kami lakukan," kata Bupati usai launching.

Menurut dia, pembangunan perpustakaan mini di halte merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar membaca. "Nantinya, halte akan dimanfaatkan oleh masyarakat membaca buku sambil menunggu kendaraan umum. Sehingga, bisa menambah ilmu," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

Dijelaskan Bupati, pembangunan perpustakaan mini tidak hanya di halte. Namun, hampir menyebar di fasilitas umum. Di antaranya, pos kampling, kantor RT, RW, lembaga pemasyarakatan, dan ruang tahanan sementara di jajaran Polres .

Selain itu, juga di tempat penyeberangan ASDP (Angkutan Sungai dan Danau Antarpulau). "Di kapal penyeberangan rute -Bawean juga kami kasih perpustakaan mini, baik kapal cepat (Express Bahari) maupun Giliyang," terangnya.

Bupati menyatakan, bahwa buku-buku yang disiapkan di perpustakaan mini tersebut dititik-beratkan pada buku bacaan keagamaan. "Sehingga, ilmu keagamaan masyarakat kian bagus," katanya.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

Bupati menyatakan dirinya memiliki cita-cita punya perpustakaan lengkap yang menyediakan berbagai literatur buku yang dibutuhkan masyarakat, khususnya para pelajar dan para calon sarjana (mahasiswa). "Sehingga, mahasiswa di Kabupaten tidak perlu jauh-jauh cari literatur di tempat lain ketika akan mengerjakan karya ilmiah," paparnya.

Untuk saat ini, perpustakaan yang dimiliki Pemkab memiliki koleksi 4 ribu lebih literatur buku. Selain itu, juga ada ratusan arsip karya ilmiah milik karyawan Pemkab guru yang ada di lingkup Dinas Pendidikan .

"Mereka yang sarjana kami minta kirim karya ilmiahnya. Kebijakan itu bahkan kami jadikan warning bagi pegawai Pemkab yang sarjana untuk kirim karya ilmiahnya," pungkasnya.

Baca Juga: Kejari Gresik Periksa 8 Orang Buntut Dugaan Penyimpangan Beras CSR Desa Roomo

Sementara Kabag Humas Pemkab Suyono menambahkan, saat ini halte yang sudah ada perpustakaan mini ada dua. Pertama halte di Randuagung Jalan Dr. Wahidin SH Kebomas dan halte di Jalan Veteran Kecamatan Kebomas.

"Perpustakaan mini yang telah dibangun Pak Bupati ini sebagai upaya untuk memacu masyarakat agar gemar membaca dan mencerdaskan masyarakat," katanya.

Launching pespustakaan mini di halte Jalan Veteran tersebut selain dihadiri Bupati Sambari Halim Radianto, juga Kepala Dinas Perhubungan Andhy Hendro Wijaya, Direktur Bank Jatim Cabang , Kepala Dinas Perpustakaan dan Keasrsipan Siti Jaiyaroh, Kepala Dinas Satpol PP Darmawan, Kabag Humas Suyono, Camat Kebomas Sutrisno dan sejumlah kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lain. (hud/rev)

Baca Juga: Beras dari Dana CSR Bau dan Tak Layak, Warga Desa Roomo Gresik Demo Kades

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO