Sambang Pos Kamling dan Dialog dengan Warga, Satlantas Polres Pasuruan Ajak Giatkan Ronda

Sambang Pos Kamling dan Dialog dengan Warga, Satlantas Polres Pasuruan Ajak Giatkan Ronda Anggota Satlantas Polres Pasuruan dan jajaran dari Polsek Pandaan saat melakukan ronda malam keliling dalam rangka Ops Simpatik 2017. foto: M ANDY FAKHRUDIN/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Satuan Lalu Lintas Polres Pasuruan di bawah kepemimpinan AKP Mellysa Amalia, SH, S.I.K. menggelar kegiatan Sambang Pos Kamling ke kampung-kampung, khususnya di wilayah Kecamatan Pandaan.

Kegiatan yang masih dalam rangkaian Ops Simpatik Semeru 2017 ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar giat melakukan ronda malam atau menjaga lingkungan pada malam hingga dini hari. Sebab, dengan ronda, selain untuk meningkatkan keamanan, juga merupakan cara untuk berbagi informasi melaluio partisipasi aktif warga demi mendukung terciptanya kamtibmas.

Kamis (2/3) dini hari kemarin, Pos Kamling yang dikunjungi adalah milik warga lingkungan Juanda RT 003 RW 06, Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan. 

“Kegiatan Sambang Pos Kamling ini dilakukan dengan cara menyambangi atau mengunjungi pos keamanan lingkungan atau gardu ronda yang ada di kampung-kampung, pada malam hari,” ujar Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Mellysa Amalia, melalui Kanit Lantas Pandaan AKP Sukiyanto.

Menurut dia, pos kamling atau gardu ronda merupakan salah satu tempat untuk berkumpul dan wadah saling berbagi informasi dan berkomunikasi dengan warga. Pos kamling juga merupakan sarana untuk menciptakan situasi keamanan di lingkungan melalui kegiatan ronda.

”Dengan adanya kegiatan Sambang Pos Kamling ini, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya, yakni ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam. Kegiatan tersebut juga sebagai sarana silaturahmi sesama warga, sambil menjaga keamanan lingkungannya masing-masing,” katanya.

Dalam kesempatan sambang poskamling tersebut, AKP Sukiyanto mengucapkan terimakasih kepada warga yang telah membantu menjaga Kamtibmas dengan Ronda Kampung. Dalam kemsempatan itu, ia juga menyempatkan menyampaikan pesan kamtibmas, menerima saran dan masukan dari masyarakat tentang masalah lalu lintas. Bahkan, dirinya juga saling bertukar nomor HP dengan warga sebagai wujud komunikasi yang baik antara pihak kepolisian dengan warga sekitar.

Bagus (38), warga setempat, mengakui program ini sangat bagus untuk mendekatkan polisi lalu lintas (lantas) dengan masyarakat. Sebab selama ini polisi lantas hanya berkutat di jalan raya.

"Diharapkan program ini tetap berjalan dan dilanjutkan tidak hanya saat melaksanaka ops simpatik semeru diselengarakan saat ini," cetus Bagus. (psr4/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO