Tolak Kepala Sekolah Baru, Siswa SDN Banresep Timur I Sumenep Mogok Belajar

Tolak Kepala Sekolah Baru, Siswa SDN Banresep Timur I Sumenep Mogok Belajar

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banresep Timur I, Kecamatan Lenteng, Madura terpaksa mogok belajar, Senin (20/3/2017).

Aksi para siswa sebagai bentuk protes atas dikeluarkannya surat keputusan (SK) Bupati Sumenep, A Busyro Karim tertanggal 21 Februari 2017. Dalam SK tersebut, tertulis tentang mutasi kepala sekolah, Akhmad Zaini yang baru mengabdikan diri sejak 2014 lalu. Dalam SK tersebut, kepala SDN Banresep Timur I diganti oleh Asmuni yang sebelumnya menjabat sebagai guru di sekolah plat merah itu. Sementara Akhmad Zaini dipindah tugaskan menjadi kepala SDN Ellak Lok IV, Kecamatan Lenteng.

Salah satu siswa kelas I SDN Banresep Timur I, berinisial A mengaku terkejut adanya mutasi kepala sekolah itu. Bahkan, sejumlah murid dari kelas I hingga kelas VI pulang sebelum waktunya. "Teman-teman sudah pulang tadi," katanya sambil mengeluarkan air mata, Senin (20/3/2017).

Akmad (45) salah satu wali siswa asal Desa Poreh, Kecamatan Lenteng mengakui jika anaknya tidak mau masuk sekolah lantaran kepala sekolah yang lama dikabarkan akan dipindah. "Bukan karena dipaksa tidak masuk, memang tadi tidak mau masuk. Makanya saya datang ke sini (sekolah) untuk mencari tahu," katanya.

Kedatangan Akhmad itu diikuti oleh wali siswa yang lain. Saat itu hampir semua siswa mendatangi sekolah di bawah binaan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep. Yang unik, wali siswa langsung menempati ruang kelas layaknya saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung.

"Pokoknya kalau kepala sekolah dipindah, kami akan boyong semua murid di sini ke sekolah lain," kata Hj Alvia (35), wali siswa lain.

Menurutnya, sejak Akhmad Zaini menjabat sebagai kepala sekolah, SDN Banresep Timur I banyak perubahan. Salah satunya minat siswa untuk belajar semakin tinggi, bahkan pembangunan fasilitas juga mulai nampak dibandingkan kepala sekolah lama.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO