Seniman Gresik Perkenalkan Batik Painting

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Batik hasil produk putra daerah di Kabupaten Gresik satu per satu mulai bermunculan. Salah satunya adalah batik painting yang diperkenalkan seniman Gresik Kris Aji saat meramaikan pameran ekonomi kreatif di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, Sabtu (1/4/17) malam.

Dibantu beberapa asisten, dua bingkai kanvas dihadirkan bersama beberapa cat warna warni dan beberapa kuas oleh Kris Aji.

Pada saat sang pelukis terkenal tersebut melukis, seluruh lampu gedung WEP dimatikan, hanya lampu yang menyorot ke bingkai lukisan saja yang terang.

Lalu beberapa orang undangan kehormatan dipanggil oleh pelukis. Mereka masing-masing siap memegang kuas. Di hadapannya ada dua bingkai kain kanvas berukuran masing-masing 1x2 meter yang di bawahnya ada beberapa wadah cat lukis warna-warni.

Kanvas lukis membelakangi kursi undangan. Praktis para penonton hanya bisa menyaksikan seperti melihat wayang kulit dari balik layar.

Rupanya orang-orang yang diundang ke panggung tersebut sudah paham apa yang harus mereka lakukan. Mereka kemudian mencelupkan kuasnya pada cat dengan warna yang disukainya.

Meski ada semacam bayangan sket di kanvas tersebut, namun mereka asal saja memoleskan kuasnya. Ada yang di bawah, ada yang di tengah dan ada pula yang di pojok kiri atas.

Selanjutnya, Kris aji melanjutkan polesan tak beraturan tersebut. Diambilnya dua kuas besar dengan mencelupkan ke wadah cat terlebih dahulu.

Dengan cepat pelukis Kris Aji memoleskan ke kanvas. Dilihat sepintas, sepertinya dia mengoleskan asal saja. Bahkan dengan gerakan kecepatan tinggi, dia tampak atraktif seperti gerakan pendekar silat.

Tak seberapa lama, polesan yang mulanya seperti lukisan abstrak itu telah membentuk suatu pemandangan di dalam laut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO