Risma Support Perajin Batik di Cerme Lor Gresik

Risma Support Perajin Batik di Cerme Lor Gresik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didampingi Ketua DPC PDIP Gresik Siti Muafiyah saat mengunjungi batik pitutur Cerme Lor. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengunjungi Rumah Batik Pitutur milik Ilham di Desa Cerme Lor RT 002 RW 007 nomor 24 Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jumat (22/6).

Didampingi Ketua DPC PDIP Gresik Siti Muafiyah, Risma melihat produk batik yang dibuat Rumah Batik Pitutur. Orang nomor satu di Kota Surabaya ini juga menyempatkan belajar membatik dengan dipandu para pembatik mahir. Pada kesempatan ini, Risma juga memotivasi puluhan ibu-ibu di Cerme Lor agar menjadi perempuan mandiri.

Dia juga menceritakan soal pembinaan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya yang telah dilakukannya. Menurut dia, di Surabaya awalnya ada 89 kelompok UMKM. Mereka kemudian dilatih dan disupport dengan tekun.

"Hasilnya, saat ini di Surabaya berkembang 9.500 UMKM. Bahkan, ada satu UMKM yang omzetnya bisa tembus Rp 1,5 miliar sebulan. Juga ada Bu Dia, yang omzet UMKM-nya pada bulan Ramadan kemarin bisa tembus Rp 1,6 miliar," ungkapnya.

Risma menyatakan bahwa kunjungannya ke Rumah Batik Pitutur karena dimintai tolong oleh Cagub-Cawagub Jatim Gus Ipul-Puti agar membantu para pengrajin batik. "Nanti, jika Gus Ipul dan Mbak Putijadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim akan membantu akses agar bisa lebih dikenal dan dikembangkan," katanya.

"Kalau UMKM makin berkembang, maka bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi nanti bisa mempekerjakan tetangga sekitar biar gak bekerja jauh-jauh. Biar ibu-ibu tetap bisa ketemu anak-anaknya tiap hari," jlentrehnya.

"Kalau UMKM tersebut sudah berkembang, bisa dikembangkan ke tempat lain. Makanya, nanti ke depan dibantu marketingnya," terangnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO