Bupati Sambari Kenalkan Potensi Wisata Gresik kepada Peserta Gowes Nusantara

Bupati Sambari Kenalkan Potensi Wisata Gresik kepada Peserta Gowes Nusantara Bupati Sambari dan Wakil Bupati Moh. Qosim bersama peserta Gowes Pesona Nusantara saat singgah di rumah Gajah Mungkur jalan Nyai Ageng Arem-arem Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Event Gowes Pesona Nusantara (GPN) bertajuk Etape Joko Samudro yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Kabupaten berlangsung sangat meriah, Minggu (3/9/2017).

Bupati Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Moh. Qosim dan sejumlah perwakilan dari Kemenpora serta masyarakat bergowes ria dengan 1.500 peserta dengan jarak sejauh 20 kilometer.

Baca Juga: Korupsi Hibah UMKM Gresik, Direktur YLBH FT Pertanyakan Status Siska dan Joko

Menurut Bupati, event GPN yang digelar di tidak hanya untuk berolahraga semata, namun para peserta dan perwakilan dari Kemenpora juga mengunjungi banyak lokasi wisata di Kota .

“Selain melintasi jalan utama di , para peserta juga akan kami ajak untuk menikmati pemandangan kota tua (wisata heritage). Salah satunya adalah dengan menyaksikan rumah yang terkenal dengan sebutan Gajah Mungkur, tepatnya di daerah Kemuteran ,” ujarnya.

Tak hanya itu, para perwakilan dari Kemenpora juga diajak berwisata religi. Yakni dengan mengunjungi makam Maulana Malik Ibrahim di daerah Gapurosukolilo yang dulunya merupakan penyebar agama Islam di ini.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

Pada acara gowes juga dilaksanakan penyerahan segumpal tanah dari petilasan giri kedaton. Nantinya, tanah yang dikumpulkan dari berbagai kota dan kabupaten yang melaksanakan event Gowes Pesona Nusantara akan disatukan dalam sebuah tugu. Tugu tersebut rencananya akan dibuat di Kabupaten Magelang sebagai wilayah terakhir yang melaksanakan GPN pada tanggal 9 September 2017 mendatang.

“Hal tersebut merupakan simbol pemersatu bangsa. Yang mengacu pada jargon Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda tetapi tetap satu juga,” terangnya.

Sementara Wabup Moh. Qosim mengatakan bahwa tujuan dari event ini adalah agar olahraga menjadi budaya di masyarakat , terutama dalam bersepeda. “Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam mengikuti event ini. Mudah-mudahan kebiasaan berolahraga senantiasa tertanam dalam diri kita,” ujarnya.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

Ia menjelaskan rute yang dilalui kegiatan GPN mulai dari Gelora Joko Samudro, jalan Veteran, jalan R.A Kartini, Jalan Tri Darma, jalan Jaksa Agung Soeprapto, jalan Pahlawan,Jalan Wachid Hasyim, Jalan Raden Santri, Jalan Nyai Ageng Arem-arem, Jalan KH. Kholil, Jalan AKS Tubun, Jalan Setia Budi, Jalan Malik Ibrahim, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Veteran dan Finish kembali di Gelora Joko Samudro.

Usai bergowes ria, para penggowes juga beradu untung mendapatkan doorprize. Di antaranya adalah dua unit sepeda motor, puluhan sepeda gunung dan ratusan hadiah menarik lainnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO