Ajang Pertukaran Ide dan Inovasi, Situbondo Gelar Bursa Inovasi Desa

Ajang Pertukaran Ide dan Inovasi, Situbondo Gelar Bursa Inovasi Desa Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto saat mengunjungi salah satu stand Bursa Inovasi Desa di Gor Serbaguna Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bursa Inovasi Desa sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan kegiatan-kegiatan inovatif yang nantinya bisa dijadikan referensi untuk melaksanakan kegiatan pembangunan oleh desa dilaksanakan dengan meriah di Kabupaten Situbondo, Kamis (28/12)

Koordinator Pendamping Ahli Kabupaten Situbondo, Hadi Prayitno mengatakan, selain sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan kegiatan-kegiatan inovatif, Bursa Inovasi Desa juga menyajikan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh desa-desa, baik di tingkat lokal maupun nasional.

"Bursa ini dilakukan, selain sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan kegiatan-kegiatan inovatif desa, juga menyajikan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh desa, baik desa di Situbondo maupun nasional," katanya, Kamis (28/12).

Hadi berharap, bursa inovasi desa tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan, dan kegiatan yang disajikan bisa direplikasi oleh desa-desa lain yang membutuhkan inovasi-inovasi untuk kemajuan desanya.

"Semoga kegiatan bursa ini dapat memacu desa-desa lebih maju dan berinovasi lagi, sehingga dapat menumbuhkan daya ungkit masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi," tandas Hadi.

Pantauan di lapangan, acara Bursa Inovasi Desa ini juga dimanfaatkan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto untuk meluncurkan sistem aplikasi berbasis data partisipatif sebagai rujukan penanggulangan kemiskinan yakni “e-Desa Now”.

Dadang Wigiarto mengatakan, peluncuran e-Desa Now ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah untuk menanggulangi kemiskinan daerah karena sejak tahun 2016 data kemiskinan mulai disusun secara berkelanjutan.

“Di Jawa Timur, e-Desa Now di Kabupaten Situbondo adalah satu satu aplikasi di Jawa timur untuk mereplikasi kemiskinan. Kalau bursa inovasi desa ini untuk mengajak masyarakat desa cerdas dan kekinian,“ kata Bupati Dadang didampingi Wabup Yoyok Mulyadi. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO