Pasca Bom di Surabaya dan Sidoarjo, DPRD Jatim Minta Warga Lebih Peduli Tetangga

Pasca Bom di Surabaya dan Sidoarjo, DPRD Jatim Minta Warga Lebih Peduli Tetangga Suli Da'im, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim. Foto : DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPRD Jawa Timur meminta masyarakat terutama RT dan RW memantau para pendatang atau orang yang kontrak atau sewa rumah di wilayahnya terutama dalam kesehariannya. Demikian ditegaskan Wakil Ketua komisi E DPRD Jatim Suli Da'im saat ditemui di ruang komisi, Senin (14/5).

"Biar terpantau mereka sebagai warganya. Kalau RT/RW tetangga kanan kirinya tahu keseharian warga tersebut, maka bisa terantisipasi kemungkinan kemungkinan kejadian negatif di wilayahnya," ungkap politikus asal PAN ini.

Suli Da'im mengingatkan sewajarnya dalam hubungan bertetangga setidaknya ada upaya berkemomunikasi dan saling kenal.

"Sebab selama ini mereka eksklusif dan enggan berkomunikasi dgn warga sekitar. Ketua RT sebagai penguasa di wilayah pemerintahan terkecil bisa memberikan teguran dan pembinaan terhadap warga dengan ciri-ciri tersebut. Kalau perlu ditanya kok gak pernah kumpul, gak pernah komunikasi dengan yang lain, maka RT bisa menanyakan dan mengingat kan perilaku nya. Jika ditegur dan diingat kan tetap tidak bisa, ya perlu ada tindakan lebih lanjut. Dengan membicarakan dengan warga lainnya," lanjut Suli.

Politikus yang juga ketua Lembaga Hikmat Kebijakan Publik Pengurus Wilayah Muhamadiyah Jatim ini meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan.

Komisi E, kata Suli, juga mengutuk dengan keras aksi terorisme peledakan yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo.

"Tidak ada satupun ajaran agama yang mengajarkan pembunuhan dan melakukan bom bunuh diri," imbuh mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Jatim ini.

Untuk para korban pihaknya menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap semua korban, dan untuk yang ditinggalkan diberi kekuatan pada keluarga korban serta kesabaran atas musibah tindakan tidak berperikemanusiaan ini.

"Kami meminta pemerintah dalam hal ini aparat keamanan dan penegak hukum dengan sungguh-sungguh mengungkap dalang aksi terorisme ini dan memberantas hingga ke akar-akarnya," pungkas politisi berlatar pendidik tersebut. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO