Hadiri Tasyakuran HPN PWI Tuban, Ini Pesan Wabup untuk Pers

Hadiri Tasyakuran HPN PWI Tuban, Ini Pesan Wabup untuk Pers Wabup Noor Nahar Hussein menerima potongan tumpeng dari Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein berpesan agar pers, terutama anggota PWI Tuban bisa menginspirasi untuk masyarakat. Hal itu disampaikan mantan Ketua PCNU Tuban ini saat hadir di acara tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang diselenggarakan oleh PWI Tuban di sekretariat jalan Basuki Rahmat nomor 68, Rabu (20/2).

Menurutnya, sejak dulu pers telah berkontribusi pada negara Indonesia. Yakni, sejak era kemerdekaan yang mana pers juga ikut berjuang untuk turut memperoleh kemerdekaan. Usai era kemerdekaan pers, tepatnya pada pada reformasi 1998, insan pers terus berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan dengan cara dan analisis kritisnya.

Baca Juga: Pemkab Tuban Raih SAKIP Predikat A

Untuk itu, ia mengapresiasi program-program yang selama ini telah dijalankan oleh PWI. "Kami harap peran pers harus dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidupnya," ungkapnya.

"Pers di Tuban juga dapat terus bersinergi dengan Pemkab, instansi lain, maupun perusahaan dalam rangka mewujudkan keadilan bagi masyarakat," tutur orang nomor di bumi wali Tuban ini.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan agar pers turut membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait perkembangan jaman. Sehingga, masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Baca Juga: Pemkab Tuban Dapat Hibah Pesawat TNI AL

"Kebebasan pers yang dijamin UU Pers, dapatnya dimanfaatkan dengan benar dan bertanggung jawab. Bila ada sesuatu yang tidak benar, maka pers dapat melakukan kritik serta sebagai masukan dan pertimbangan kepada Pemkab maupun institusi lain guna memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat," paparnya.

"Memasuki Revolusi 4.0, tantangan pers ke depan juga semakin berat. Karenanya, pers dituntut untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan kemampuan dirinya," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tuban Pipit Wibawanto, mengamini apa yang disampaikan wabup. "Kami akan terus mengawal tegaknya demokrasi karena pers menjadi pilar keempat demokrasi," ujarnya.

Baca Juga: Gelar Rakor, Pjs Bupati Tuban Tancap Gas Bahas Program Strategis

Ia juga menukil pernyataan wartawan senior, Jacob Utama. "Seorang pers harus kritis dan mampu menyentuh kalangan elit, tapi tidak bersikap elitis. Selain itu, pers juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan tapi tidak terbawa arus," katanya.

Pipit menyatakan, pers memang harus bersinergi dengan pemerintah demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Ia berharap, ke depannya pers terus berkembang sehingga aspirasi masyarakat dapat terakomodir dengan lebih baik lagi.

"Semoga keberadaan PWI di Tuban bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," paparnya. (gun/rev)

Baca Juga: Berprestasi, 13 Atlet PON dan 4 Kafilah MTQ asal Tuban Dapat Reward

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO