Anggota Komisi XI DPR RI Apresiasi Lelang Bandeng Pemkab Sidoarjo

Anggota Komisi XI DPR RI Apresiasi Lelang Bandeng Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ribuan masyarakat padati alun-alun Sidoarjo, mereka datang untuk menyaksikan tradisi Lelang Bandeng Kawak Tradisional 2019, Kamis (28/2).

Total dana yang terkumpul dari pelelangan empat bandeng kawak yang ikut kontes di Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sidoarjo dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-160, mencapai sebesar Rp 700 juta.

Baca Juga: BPIP Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pasuruan

Pemenang lelang bandeng kawak tahun 2019 yakni PT. Minarak Brantas Gas sebagai penawar tertinggi senilai Rp 200 juta rupiah. Pemenang kedua dari PT. Argent Park Bluru Kidul dengan nilai penawaran Rp 125 juta dan pemenang ketiga dari Fandi Utomo Rp 80 juta, dan untuk pemenang terakhir dari PT. Yang Utama dengan nilai penawaran Rp 70 juta.

Total ada empat bandeng yang dilelangkan. Pertama, bandeng kawak milik Sutriman dengan berat 6,72 kilogram yang mempunyai panjang 86,5 centimeter dan lebar 19 centimeter, asal Tambak Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon.

Bandeng kedua milik H. Sanaji Tambak Tegalsari, Kecamatan Jabon dengan berat bandeng 6,52 Kilogram usia bandeng 8 tahun. Juara 3 diraih bandeng kawak milik H. Ilyas dengan berat 6,23 kilogram asal Tambak Pulau Dem, Jabon, dan pemenang ke 4 Bandeng kawak milik H. Mustofa yang mempunyai berat 5,6 kilogram, Tambak Kedung, Desa Kupang, Jabon.

Baca Juga: Dilantik, Syafiuddin dan Imron Amin Proritaskan Kemajuan dan Kesejahteraan Pulau Madura

Masing-masing pemilik bandeng menerima apresiasi dalam bentuk uang pembinaan, cincin emas, piagam dan satu unit sepeda motor.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap, tradisi lelang bandeng ini terus dilanjutkan, untuk memotivasi para petani tambak agar produksi perikanan bertambah meningkat.

"Sudah 57 tahun tradisi lelang bandeng Sidoarjo, sejak pertama kali diadakan tahun 1962 pada masa Bupati R. Samadikoen," kata Saiful Ilah mengisahkan.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Apresiasi Dukungan dari Komisi II DPR RI

Dana yang terkumpul dari lelang bandeng akan disalurkan untuk kegiatan sosial dan kemasyarakatan, termasuk membantu pembangunan tempat ibadah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati H. Saiful Ilah menyerahkan bantuan kepada 6 masjid, masing-masing menerima bantuan Rp 9 juta. Bupati juga menyerahkan bantuan kepada 6 musholla, masing-masing menerima Rp 8,5 juta dan 6 panti asuhan masing-masing menerima Rp 9 juta. Rumah korban puting beliung di wilayah Kecamatan Prambon juga menerima bantuan Rp 22 juta.

Anggota Komisi XI Indah Kurnia mengapresiasi kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo tersebut. Lelang bandeng kawak tradisi warisan leluhur masih terjaga dengan baik di Sidoarjo.

Baca Juga: Sekjen Kementerian ATR/BPN Teken Nota Kesepahaman dengan DPR RI

"Saya mengapresiasi kegiatan lelang bandeng kawak, dan budaya ini harus tetap dilestarikan. Apalagi hasil dari lelang bandeng kawak tersebut untuk kegiatan sosial dan keagamaan," tandas Caleg PDIP Dapil Jatim l (Surabaya - Sidoarjo) nomor urut 4 tersebut. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO