Diikuti 100 Peserta, Budaya dan Kearifan Lokal Jadi Tema Festival Kendaraan Hias Tahun 2019

Diikuti 100 Peserta, Budaya dan Kearifan Lokal Jadi Tema Festival Kendaraan Hias Tahun 2019 Dua stuntman yang berseragam Dishub Kota Malang mempersembahkan atraksi akrobatik di hadapan Wali Kota Malang Sutiaji dan para tamu undangan Festival Kendaraan Hias tahun 2019 yang digelar di depan kantor Balai Kota Malang, Ahad (25/08). foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pemkot Malang kembali menggelar Festival Kendaraan Hias tahun 2019, di halaman Balai Kota Malang, Ahad (25/08). Festival yang kali ini mengambil tema budaya dan kearifan lokal ini diikuti 100 lebih peserta, yakni OPD se-Kota Malang, perbankan, lembaga pendidikan, serta masyarakat.

Wali Kota Malang Sutiaji yang membuka festival ini, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini diformulasikan sesuai karakter Malang dan kreativitas kekinian. "Mari kita kuatkan budaya bangsa kita dengan kreatifitas dan inovasi serta berprestasi. Pernak-pernik atau keragaman budaya bangsa kita dikreasi secara kekinian, menghasilkan karya inovatif. Harapannya, tidak hanya kemeriahan festival yang didapatkan, melainkan kami ingin adanya edukasi berupa plestarian nilai budaya. Baik kearifan lokal maupun budaya bangsa itu sendiri," kata Sutiaji.

Ia mengajak para peserta maupun masyarakat yang hadir dalam festival tersebut menumbuh-kembangkan rasa cinta terhadap budaya, etnis, dan seni yang dimiliki bangsa Indonesia, demi memperkokoh nilai kesatuan dan persatuan.

"Kali ini tahun kelima penyelenggaraan festival kendaraan hias di tahun 2019. Ke depannya, kami akan menggelar perhelatan kendaraan hias atau sejenisnya. Berada di kawasan heritage, yakni Kayutangan Jalan Basuki Rahmat Kota Malang," cetusnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu M Wahyuni menambahkan, bahwa festival ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun. "Kali ini bertajuk Menuju Malang Creative City Untuk Indonesia dan Dunia, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke - 74 tahun 2019. Dengan tajuk itu, kami memberikan kesempatan kepada semua pihak dalam berkarya dengan wujud kreasi seni dan budayanya ke kendaraan hias. Kami berkeinginan, warga Kota Malang jiwa patriotisme dan cinta tanah airnya terus tertanam kuat mengakar dalam sanubarinya," pungkas Ida Ayu. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO