Tinjau Kawasan Perbatasan, Komisi IV Cek Pelaksanaan Screening

Tinjau Kawasan Perbatasan, Komisi IV Cek Pelaksanaan Screening Komisi IV DPRD Trenggalek saat meninjau dua titik perbatasan yang dijadikan lokasi screening. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan kinerja para petugas di perbatasan dengan kabupaten lain berjalan efektif, Komisi IV DPRD menggelar peninjauan, Rabu (1/4) siang.

Peninjauan ini dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPRD Mugianto S.Pd., M.H. beserta anggota. Ada dua titik perbatasan yang ditinjau Komisi IV, yakni perbatasan - Ponorogo di Anjungan Cerdas, dan perbatasan - Tulungagung di kawasan Terminal Durenan.

Baca Juga: AKD DPRD Trenggalek Terbentuk, Berikut Daftar Namanya

Usai meninjau kedua perbatasan tersebut Mugianto, mengatakan bahwa penjagaan dan screening untuk mencegah penyebaran virus Corona () telah berjalan dengan baik. Namun, ia menyoroti masih adanya sedikit kendala di terminal Durenan.

"Tadi kita melihat ada tiga hal yang harus dimaksimalkan di kawasan terminal Durenan. Yang pertama tempat untuk screening, APD (Alat Pelindung Diri) untuk petugas, dan pengaturan pemberhentian kendaraan," kata Mugianto yang juga Ketua DPC Partai Demokrat ini.

Baca Juga: 3 Anggota Dewan Ditetapkan Sebagai Pimpinan DPRD Trenggalek

Menurutnya tempat untuk petugas screening di kawasan terminal Durenan masih bisa dibuat lebih luas. Mengingat, tempat yang tersedia saat ini masih terbilang sempit.

Ia juga meminta petugas screening menggunakan APD, karena berinteraksi langsung dengan banyak orang.

Terkait tempat pemberhentian kendaraan di kawasan terminal Durenan, ia meminta agar dipisah menjadi 4 jalur, untuk mengurai kemacetan.

Baca Juga: Doding Rachmadi Jadi Calon Ketua DPRD Trenggalek

"Tadi kan lihat ketika beberapa kendaraan dihentikan oleh petugas, sempat terjadi kemacetan. Nah, untuk itu kita sarankan agar arus kendaraan dibagi 4 jalur, mulai dari jalur roda 2, roda 4, bus, dan truk. Ini semua untuk mengurai kemacetan," pintanya.

Ia juga meminta agar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten menerjunkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan umum seperti bus dan travel yang melintas di kedua perbatasan tersebut.

Dalam peninjauan tersebut, Komisi IV juga mendapat usulan dari para petugas di lapangan agar insentif mereka ditambah, mengingat kinerja mereka yang tak mengenal lelah dalam upaya mencegah masuknya di kabupaten .

Baca Juga: Rapat Paripurna Pertama DPRD Trenggalek Bahas Pembentukan Fraksi-Fraksi

"Melihat kinerja para petugas di perbatasan yang terdiri dari berbagai unsur mulai dari Dinas Kesehatan, BPBD, Dishub, Satpol PP, TNI, dan Polri telah berjalan dengan baik, untuk itu Komisi IV DPRD memberikan apresiasi pada mereka semua," pungkas Mugianto. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO