Gara-gara Pasien Tak Jujur Soal Penyakitnya, RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri Isolasi 15 Perawat

Gara-gara Pasien Tak Jujur Soal Penyakitnya, RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri Isolasi 15 Perawat Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Ahmad Dahlan, dr. Zainul Arifin, M. Kes. foto: ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gara-gara ada pasien yang tidak jujur tentang penyakitnya, 15 perawat RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan, harus mengisolasi diri. 

Ketidakjujuran pasien ini menimbulkan kerepotan di RSM Ahmad Dahlan, karena harus mengisolasi mandiri sejumlah 15 tenaga medis yang memeriksa pasien dan ternyata terbukti postif .

“Sekira 10 hari lalu, ada pasien yang mengeluhkan tanda-tanda ke arah , namun ia tidak jujur mengatakan semuanya,” kata Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Ahmad Dahlan, dr. Zainul Arifin, M. Kes., saat menggelar konferensi pers, Senin (13/4).

Menurut Zainul, karena tidak jujur itu, maka para tenaga medis yang memeriksa tidak mengenakan APD dan memberlakukan sebagaimana ODP maupun PDP.

"Kemudian, setelah keluar hasil tes swab, ternyata pasien tersebut positif . Sesuai dengan SOP, semua yang kontak erat, termasuk tenaga medis yang kontak dengan pasien tersebut harus melakukan isolasi mandiri di rumah sembari menunggu hasil tes," ujar dr. Zainul.

Hingga rilis ini ditulis, 15 orang tenaga medis ini sudah menjalani isolasi mandiri di rumah selama 4 hari dari rencana 14 hari, sambil menunggu hasil tes.

"Akhirnya kini, kami kekurangan 15 orang tenaga medis yang sangat kami butuhkan. Makanya, kami mohon masyarakat harus jujur mengatakan semuanya. Utamanya bila pernah bersinggungan dengan pasien positif atau usai datang dari daerah yang sudah terinfeksi , maka pasien harus menyampaikan data ini," tambah Zainul.

Sementara itu, Wali Abdullah Abu Bakar menyerukan kepada seluruh warga untuk selalu jujur, menyampaikan semua data kepada petugas medis. Seruan ini disampaikan lagi di Kediri Command Center, ketika Wali Kota berbincang dengan Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Ahmad Dahlan, dr. Zainul Arifin, M. Kes., Senin, (13/04). 

Kedatangan Zainul dan tim ini untuk mengambil bantuan APD dari wali kota untuk RSM Ahmad Dahlan dan RSUD Gambiran.

“Untuk seluruh warga saya mohon, sampaikan semua data ke petugas medis dengan sejujur-jujurnya, keluhannya, pernah singgah di mana saja. Ini penting untuk memutus rantai penularan ,” imbau wali kota yang kerap disapa Mas Abu itu. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO