Fraksi Demokrat Minta Pemkab Gresik Libatkan DPRD dalam Kebijakan PSBB Covid-19

Fraksi Demokrat Minta Pemkab Gresik Libatkan DPRD dalam Kebijakan PSBB Covid-19 Eddy Santoso

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi Demokrat DPRD Gresik, Eddy Santoso meminta Pemkab melibatkan dewan dalam memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dampak virus Corona. Sebab, menurutnya DPRD memiliki kedudukan sejajar dengan dalam penyelenggaraan pemerintah.

"Hal ini sesuai termaktub dalam amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah (Pemda). Jadi, tak bisa berdiri sendiri dalam memberlakukan PSBB. DPRD harus dilibatkan," ujar Eddy Santoso kepada BANGSAONLINE.com, Senin (20/4).

Baca Juga: BKPSDM Gresik Gelar Uji Kompetensi ASN dan Luncurkan Program Gapura

Eddy meminta Pemkab mengajak rapat DPRD untuk membahas segala kemungkinan yang akan timbul sebelum menerapkan PSBB. Baik dampak sosial, ekonomi, maupun dampak terhadap korban COVID-19.

"Jadi,untuk membahas sebagian dampak yang akan muncul itu tak bisa memutuskan sendiri. Harus melibatkan DPRD. Terlebih, kalau pembahasan menyangkut anggaran untuk penanganan masyarakat dampak PSBB," ujar dia.

Apalagi, lanjut Eddy, dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 semakin terasa. Terlebih, di pedesaan. Ia khawatir jumlah kemiskinan akan semakin banyak, setelah diberlakukan PSBB. 

Baca Juga: Di Kantor Bupati, Sekda Gresik Sambut Kirab Bendera Pataka HUT Provinsi Jatim ke-79

“Bahkan, saya mendapatkan laporan banyak RT dan RW yang mundur gara-gara bantuan dampak COVID-19. Mereka dihujat oleh masyarakat karena dinilai tak adil. Fakta ini juga harus diantispasi. Dan, tak bisa berdiri sendiri untuk mencarikan solusinya," paparnya.

"Karena itu, harus benar-benar matang dalam mempersiapkan kebijakan PSBB termasuk dampak yang akan ditimbulkan," pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO