​Hari ini Coklit Serentak Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan

​Hari ini Coklit Serentak Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan Naafilah Astri Swarist, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Coklit KPU Kota Surabaya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) Pilkada 2020 secara serentak mulai hari ini, Sabtu (18/7/2020). KPU Kota Surabaya akan menggelar coklit di 31 kecamatan.

Naafilah Astri Swarist, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Coklit KPU Kota Surabaya, dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menjelaskan, apel kesiapan di seluruh Indonesia dipantau oleh KPU RI. Apelnya diselenggarakan di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan.

Baca Juga: Jelang Pilwali, KPU Surabaya Buka Pendaftaran untuk 20 Ribu Lebih Petugas KPPS

"Karena masih masa pandemi, kita gelar gerakan pakai masker serentak. Pelaksanaannya kami pantau via virtual. Apel kesiapan coklit serentak di 31 kecamatan ini dibuka langsung oleh Ketua ," papar Naafilah.

Naafilah menjelaskan, coklit adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan menemui pemilih secara langsung atau door to door. Hasil dari proses coklit akan menjadi bahan KPU dalam menyusun daftar pemilih Pilkada.

Baca Juga: Bersama Pewarta Foto Indonesia, KPU Surabaya Gelar Sosialisasi Pemilu di SMA Wijaya Putra

"Masyarakat nanti bisa melihat dan mengecek namanya sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih bisa mengakses dilaman https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id," tambah dia.

Coklit ini dilaksanakan seiring dengan jadwal pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan mulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. (naf/ns)

Baca Juga: Antusiasme Pendaftar PPK di KPU Surabaya Tinggi, Tembus 525 Orang Sejak 2 Hari Dibuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO