Angkat Disertasi KSU Setia Budi Wanita, Sekwan Andik Fadjar Tjahjono Raih Gelar Doktor

Angkat Disertasi KSU Setia Budi Wanita, Sekwan Andik Fadjar Tjahjono Raih Gelar Doktor Dr. Drs. Andik Fadjar Tjahjono, M.Si, Sekretaris DPRD Jatim menggelar tasyakuran sederhana bersama keluarga setelah meraih gelar doktor dari FISIP Unair Surabaya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jaringan sosial yang kuat akan membawa keberhasilan dalam sebuah usaha. Jaringan sosial yang kuat juga akan berpengaruh dalam setiap usaha maupun dalam pengembangan usaha yang dilakukan kelompok maupun individu.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris DPRD Jawa Timur, Andik Fadjar Tjahjono yang berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga, dan diwisuda melalui daring oleh Rektor Prof. Dr. Mohammad Nasih S.E., M.T., Ak. dari ruang Rektorat Universitas Airlangga, Surabaya, Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga: Terima Dubes Jepang untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Bahas Pengembangan Kerja Sama

Menurut Andik yang mengikuti prosesi wisuda dari ruang kerjanya di Sekretariat DPRD Jatim, jaringan sosial yang kuat akan bermanfaat pula dalam memberikan masukan pemerintahan dalam mengambil sebuah kebijakan.

Ia menyebut Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita, tempat dirinya malakukan disertasi. Dengan memanfaatkan jaringan sosial yang dimiliki, koperasi tersebut bisa membangun relasi yang baik dan akhirnya membawa manfaat bagi anggota dalam pengembangan usahanya.

"Bahkan koperasi ini bisa menjadi mitra pemerintah. Dengan jaringan sosial yang cukup baik, membuat koperasi ini sering diajak diskusi dalam membuat kebijakan yang akan dan diambil oleh pemerintah terkait pembinaan kepada koperasi lain, serta pemberian modal dalam pengembangan koperasi," ujarnya.

Baca Juga: BHP Goes To Campus Ada di Unair

Kata Andik, jaringan sosial yang kuat akan membuat seseorang maupun institusi akan lebih mudah dalam mengembangkan pribadi maupun usaha yang dimiliki.

"Seperti ketika saya melakukan tugas sebagai sekwan DPRD Jatim, maka jaringan sosial yang saya miliki juga membantu kinerja saya. Karena itu manfatkan jaringan sosial yang ada saat ini untuk aktulisasi diri dan usaha yang dimiliki," katanya.

Pria yang juga Ketua Umum Alumni FISIP ini mengatakan jaringan sosial yang kuat juga bisa diterapkan pada semua lembaga pemerintahan, termasuk di Sekretariat DPRD Jatim.

Baca Juga: 5 Daerah di Jatim Bakal Diisi Calon Tunggal, Pengamat Politik Unair: Erosi Demokrasi Lokal

Adapun disertasi Andik Fadjar Tjahjono berjudul “Relasi Antara Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita dengan Pemerintah Pada Periode Tahun 2009 – 2019”, suatu studi tentang respons suatu sektor usaha terhadap kebijakan publik.

Andik mengungkapkan, gelar yang diraih ini juga untuk memberikan semangat kepada kaum muda yang ada, di Jatim khususnya, untuk tidak menyerah dalam meraih gelar pendidikan.

"Saya yang sudah tidak muda lagi saja, mau untuk terus mengejar ilmu sampai meraih gelar Doktor disela kesibukan saya selaku Aparatur Sipil Negara (ASN)," ujar mantan Kabag Protokol Pemprov Jatim ini.

Baca Juga: Calon Tunggal di Pilkada 2024, Pengamat Politik Unair: Tak Berkaitan dengan Krisis Demokrasi

Sekadar diketahui, Andik Fadjar Tjahjono dilantik sebagai Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Jatim oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parwansa pada 19 Desember tahun 2019.

Di bawah kepemimpinannya, Sekwan DPRD Jatim berhasil mendapatkan banyak penghargaan. Terakhir penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Jatim dalam bekerja sama dengan Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) BPHN pada 8 Desember 2020.

Andik Fadjar Tjahjono menyelesaikan Program S1-nya di FISIP Jurusan Ilmu Politik dan berhasil lulus tahun 1985. Kemudian melanjutkan S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lulus tahun 1996 Magister Administrasi Publik, dan kembali lagi ke program S3 dan berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial pada Sabtu (26/06/2021). (mdr/ian)

Baca Juga: Resmi Dilantik Jadi Anggota DPRD Jatim, Naufal Alghifary Janji Kawal Pemberdayaan Pemuda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO