HUT Lalu Lintas ke-66, Polres Jombang Gelar Vaksinasi bagi Tunawisma

HUT Lalu Lintas ke-66, Polres Jombang Gelar Vaksinasi bagi Tunawisma Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho menyaksikan salah seorang tunawisma sedang menjalani vaksinasi.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-66, Polres Jombang yang bekerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah (pemda) setempat menggelar Vaksinasi Merdeka Covid-19, Kamis (23/09/21).

Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, vaksinasi tersebut dengan sasaran universitas dan komunitas. Termasuk puluhan orang tunawisma mendapat giliran suntik vaksin Covid-19.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Jombang Ringkus 2 Penjual Sabu ke Sopir Truk

Dalam kegiatan itu, dihadiri Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama jajaran pejabat utama, Ketua DPRD Mas’ud Zuremi, dan Kodim 0814 Jombang.

Dikatakan kapolres, kegiatan vaksinasi tersebut merupakan ikhtiar Polri untuk membantu pemerintah dalam rangka mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Ini upaya kita agar seluruh lapisan masyarakat bisa memperoleh vaksinasi Covid-19 untuk memperkuat imun tubuhnya," tuturnya.

Baca Juga: 2 Pekan Operasi Tumpas Semeru 2024, Polres Jombang Ringkus Puluhan Orang Terlibat Kasus Narkoba

Menurut Agung, Polri sengaja menyasar kalangan tunawisma karena selama ini belum terfasilitasi vaksinasi. Lantaran mereka juga sangat terdampak adanya pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun tersebut.

"Tunawisma saat ini sangat terdampak Covid-19 secara ekonomi. Makanya kami menggandeng Pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan selain juga memperhatikan kesehatannya," terangnya.

Selain memberikan vaksinasi, pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada para tunawisma untuk meringankan kebutuhannya sehari-hari. "Jadi setelah divaksin kita berikan bantuan sembako untuk meringankan beban mereka," tukas Agung.

Baca Juga: Peduli Sesama, Satlantas Polres Jombang Borong Dagangan UMKM untuk Dibagikan

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengapresiasi vaksinasi yang digelar Polres Jombang itu. Menurutnya, pemerintah daerah bersama TNI, Polri dan ormas lainnya rutin menggelar vaksinasi walaupun hari libur kerja.

"Ini semua komponen dari TNI, Polri, ormas maupun lembaga lain melaksanakan vaksinasi untuk memerangi Covid-19," katanya.

Dijelaskan, hingga saat ini, vaksinasi untuk dosis 1 mencapai 70 persen. Sedang vaksinasi dosis 2 sebanyak 49 persen dari 1.019.942 orang yang menjadi sasaran vaksinasi. Sedangkan capaian vaksinasi untuk kelompok lanjut usia di Kabupaten Jombang yang rendah, baru mencapai 47,1 persen.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Jombang Sabet Piagam Penghargaan dari Polda Jatim

"Alhamdulillah Jombang sudah masuk level 1, karena capaian vaksinasi yang pertama kita sudah 70 persen, kemudian dosis dua sudah 49 persen. Untuk lansia akan kita jemput bola dan pelaksanaanya di desa, karena kalau di puskesmas terlalu jauh dari rumahnya," jelas Mundjidah.

Salah satu faktor rendahnya capaian vaksinasi untuk lansia hingga belum menjangkau target minimal 60 persen di antaranya karena banyak lansia yang khawatir terhadap penyakit yang dideritanya atau memiliki komorbid.

"Mereka itu ga faham kalau sebelum divaksin itu ada pemeriksaan. Mereka sudah lebih dulu khawatir terhadap penyakitnya. Jadi, nanti akan ada tracing dan diberikan pemahaman, baru setelah itu divaksin," tutur Mundjidah.

Baca Juga: 4 Motor Pelajar dan Seorang Polisi Diseruduk Pikap di Jombang

Dalam kegiatan HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Bupati Mundjidah dan Kapolres juga memotong nasi tumpeng, sebagai ucapan syukur peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ini. Potongan nasi tumpeng itu diberikan kepada anggota Satlantas Polres setempat. (aan/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO