Wujud Nyata Pesta Demokrasi di Sekolah, SMAN 2 Batu Gelar Pilketos

Wujud Nyata Pesta Demokrasi di Sekolah, SMAN 2 Batu Gelar Pilketos

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud aksi nyata Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi, SMA Negeri 2 Batu, Jumat (20/9/24) menggelar dengan agenda Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) sekaligus wakil ketua OSIS periode 2024-2025.

Pilketos dilaksanakan di 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di ruang kelas XI-1 hingga kelas XI-10. Di ruang TPS sudah stand by seluruh panitia Pilketos yang terdiri dari KPPS dan saksi. Bahkan panitia kelas juga menyiapkan spot foto menarik dan hidangan bagi guru dan siswa yang mencoblos.

Yang menarik, masing-masing TPS didesain sedemikian rupa sesuai dengan tema yang diangkat, yakni media sosial. Itu sebabnya, saat memasuki ruang TPS, yang terlihat adalah ornamen media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, Line, tik tok, Telegram. KAKAO TALK, Threads, WhatsApp, dan X (nama baru Twitter).

Kepala SMA Negeri 2 Batu, Anto Dwi Cahyono, S.Pd.MM mengapresiasi positif terhadap kegiatan ini. Menurutnya, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024-2025 yang mengangkat tema "Suara Pemula Masa Depan Bangsa" ini merupakan perwujudan P5 dengan tema suara demokrasi.

"Kegiatan ini adalah wujud nyata kegiatan P5 dengan teman suara demokrasi di sekolah. Tentunya kegiatan ini akan memberikan pengalaman berharga jika nanti kalian sudah terjun di masyarakat," ujar Anto Dwi Cahyono saat membuka acara.

Dijelaskan, bagi negara yang menganut sistem demokrasi, maka kekuasaan ada di tangan rakyat yang kemudian diwujudkan dengan pemilihan pemimpinnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO