Di Sosialisasi KITA, Pj Wali Kota Kediri Dorong Kemudahan Warga dalam Administrasi Kependudukan

Di Sosialisasi KITA, Pj Wali Kota Kediri Dorong Kemudahan Warga dalam Administrasi Kependudukan Pj Wali Kota Kediri Zanariah saat memberi sambutan. (Ist).

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pj Wali membuka kegiatan Sosialisasi Percepatan Pelayanan dan Penuntasan Adminstrasi Kependudukan, Menuju Tertib Adminduk (KITA), Senin (23/9/2024).

Sosialisasi ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Lotus Garden Kediri, dengan narasumber dari perwakilan Ditjen Dukcapil Kemendagri Yusnaini Bachari dan Kepala Dinas DP3AK Provinsi Jawa Timur Tri Wahyu Liswati.

“Kita patut bersyukur, jika melihat data per tanggal 20 September 2024, secara umum capaian sudah dapat diselesaikan. Namun, lokasi jemput bola adminduk setiap tahun masih perlu disempurnakan menjadi di kelurahan dan satuan pendidikan,"ujar Pj Wali .

Hal ini, lanjutnya, dikarenakan pengaruh keberadaan penduduk non permanen, zonasi PPDB, linieritas data kependudukan dalam kependidikan. 

Di sisi lain, mengingat terkait progres perekaman KTP-el dalam rangka capaian Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) pemula belum tercapai 100 persen.

"Maka, hari ini kita duduk bersama dalam upaya menyamakan persepsi untuk mempercepat dan menyempurnakan pelayanan yang memudahkan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat,”imbunya.

Lebih lanjut, menuturkan data kependudukan yang akurat dan terkini memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan, perencanaan, pembangunan dan alokasi sumber daya yang tepat, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Kebijakan nasional di bidang dan pencatatan sipil sampai saat ini sudah dapat dirasakan manfaatnya dalam berbagai hal.

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO