Patung Kurus Hidung Panjang Simbol Kepalsuan dan Kemunafikan, Butet Sindir Siapa? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Patung Kurus Hidung Panjang Simbol Kepalsuan dan Kemunafikan, Butet Sindir Siapa?

Editor: MMA
Selasa, 14 Mei 2024 06:39 WIB

Patung kurus hidung panjang karya Butet Kartaredjasa jadi perhatian pengunjung, termasuk Megawati Soekarnoputri. Tampak patung itu dikerubuti pengunjung di area pameran seni rupa bertajuk 'Melik Nggendong Lali' di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2024). Foto: Kompas

JAKARTA, BANGSAONNLINE.com – Seniman kondang asal Yogyakarta menggelar pameran seni rupa bertajuk '' di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Pameran ini cukup istimewa karena dihadiri Presiden RI ke-5 Soekarnoputri, Senin (13/5/2024).

Pameran seni rupa ini penuh sarkasme. Lihat saja tajuknya: “”. Jamak diketahui bahwa artinya, jika kita sudah menyenangi, mencintai atau menginginkan sesuatu, kita suka lupa bahwa sesuatu itu bukan milik kita, kita mengambil begitu saja.

Ini berarti bahwa adalah sikap tak terpuji yang dilakukan oleh seorang ambisius sehingga menghalalkan segala cara.

Menurut Teguh Wiyono, melik berarti keinginan yang berlebih untuk memiliki, didorong nafsu tak pernah puas, sehingga lali (lupa) terhadap aturan atau hukum yang harus ditaati.

Menurut guru SMA lulusan Bahasa dan Sastra Jawa UNS Sebelas Maret Surakarta itu, pada akhirnya orang tersebut akan menghalalkan segala cara atau cenderung lupa diri. Semua cara akan ditempuh untuk memenuhi ambisinya, termasuk berbuat jahat dan mencelakakan orang lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video