Disapu Banjir Kali Lamong, Sejumlah JPD di Gresik Rusak

Disapu Banjir Kali Lamong, Sejumlah JPD di Gresik Rusak Camat Balongpanggang, M Amri Maulana, bersama Forkopimcam saat meninjau mengecek JPD Wotansari yang rusak disapu banjir Kali Lamong. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banjir luapan Kali Lamong di Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng, pada Kamis (10/2) lalu mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak, seperti jalan poros desa (JPD). Di Balongpanggang, JPD Wotansari dan Karangsemanding yang baru dibangun dari dana APBD rusak, pavingnya hilang dan aspal terkelupas disapu air.

"Dua JPD di wilayah kami tersebut rusak akibat tergerus derasnya arus akibat luapan Kali Lamong," kata Camat Balongpanggang, M Amri Maulana, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Minggu (13/2).

Ia memaparkan kondisi kerusakan kedua JPD, pada Wotansari mengalami kerusakan sepanjang 200 meter. Sedangkan, JPD Karangsemanding mengalami kerusakan sejumlah titik.

"JPD Karangsemanding rusak spot-spot saja, ada yang panjang 50 cm meter, ada yang nggak sampai," kata mantan Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik itu.

Terkait restorasi JPD, Amri memastikan bakal segera melakukan perbaikan sesuai instruksi dari , Fandi Akhmad Yani, atau yang akrab disapa itu.

"Sesuai arahan Pak Bupati bahwa untuk perbaikan kerusakan JPD akan menggunakan dana bantuan keuangan (BK) atau program pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD," terangnya.

Sementara itu, menyatakan bahwa banjir yang melanda wilayah Gresik Selatan seperti di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, dan Kedamean, yang dialiri Kali Lamong terjadi setiap tahun.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terus membantu mengerahkan segala upaya yang bisa dilakukan untuk menangani banjir tahunan ini, termasuk di antaranya adalah melakukan upaya normalisasi seperti yang sudah dilakukan di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, dan sekitarnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO