Jelang Ramadhan, DKPP Kota Kediri Sidak Swalayan Cek Komoditas PSAT

Jelang Ramadhan, DKPP Kota Kediri Sidak Swalayan Cek Komoditas PSAT Petugas saat mengecek komoditas pangan segar asal tumbuhan (PSAT) di salah satu swalayan di Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menjelang masuknya bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri melakukan sidak ke sejumlah minimarket dan pasar modern.

Sidak yang berlangsung selama dua hari hingga Selasa (21/3/2023) besok ini bertujuan memastikan kemanan dan mutu komoditas () yang usdah teregistrasi. Pangan tersebut terdiri dari buah, sayuran, rempah-rempah, dan biji-bijian.  

Baca Juga: Upaya Lindungi Konsumen, Pemkot Kediri Gelar Monitoring Harga Komoditas di Pasar Setono Betek

Adapun 5 swalayan yang disasar DKPP kali ini adalah Borobudur, , Samudra Supermarket, Hypermart, dan Superindo. 

Mohammad Ridwan, Kepala , mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan UU nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Sebab, komoditas rentan terhadap cemaran bahan kimia, biologi, dan fisik, karena pengolahan yang minimal. Baik selama proses produksi, panen, kemudian distribusi, penyimpanan hingga sampai ke tangan konsumen.

Baca Juga: Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pokok dengan Harga Terjangkau, Pemkot Kediri Kembali Gelar GPM

"Karena itu perlu adanya penjaminan/sertifikasi terhadap keamanan dan mutu ," ujarnya.

Menurutnya, pengawasan terhadap juga bertujuan memastikan masa simpannnya tidak lebih dari tujuh hari.

"Karena itu, produknya harus memiliki penerbitan sertifikat registrasi produksi dalam negeri usaha kecil (-PDUK) sebagai bentuk izin edar untuk ," imbuhnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Serahkan Sertifikat Prima 3 dan Izin Edar PSAT-PDUK

Dari hasil sidak, DKPP mendapati sejumlah sayuran yang belum memiliki sertifikat sistem budi daya produk prima dua (P-2) dan prima tiga (P-3). Sehingga, proses produksinya belum melalui pemeriksaan, pengujian, dan pengawasan.

Atas temuan tersebut, Ridwan memberikan peringatan pihak swalayan agar menegur supplier untuk segera melakukan uji sertifikasi.

"Tadi beberapa sayuran ada yang belum memiliki uji sertifikasi P-2 atau P-3 namun kemasannya sudah tercantum label sehat dan bebas pestisida. Hal semacam itu kita imbau kepada pihak swalayan untuk menegur para supplier agar melakukan uji sertifikasi," tandasnya.

Baca Juga: Monitoring Harga, Komoditas di Pasar Kota Kediri Terpantau Aman

Ia berharap saat bulan Ramadhan nanti masyarakat bisa lebih tenang dalam mendapatkan kebutuhan pangan karena sudah terjamin keamanannya. Sebab, bulan Ramadhan dipastikan terjadi peningkatan kebutuhan pangan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO