Amankan TPS, Polres Banyuwangi Kerahkan 757 Personel

BANYUWANGI(bangsaonline) – 757 Personel Polisi dari jajaran Polres Banyuwangi siap mengamkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah se kabupaten Banyuwangi. Bahkan, Senin 7 April 2014 pada pukul 15.00 WIB, selepas apel pengamanan Pemilu sudah harus bergeser ke Polsek masing-masing dan mulai orientasi wilayah dimana TPS berada. 

Hal ini sesuai dengan rencana pengamanan TPS se wilayah Polda Jatim.

Baca Juga: Ditpolairud Polda Jatim Amankan Dua Pelaku Jual Beli Benih Lobster Ilegal di Banyuwangi

Seperti disampaikan Kapolres Banyuwangi AKBP Yusuf,SIK selepas memimpin apel pengamanan pemilu, bertempat di Mapolres Banyuwangi. Menurutnya, untuk personel dari Mapolres Banyuwangi akan mengerahkan personel sejumlah 333 orang, yang diperbantukan ke masing-masing Polsek di jajaran Polres Banyuwangi. Dimana sejumlah 333 personel polisi dari Mako Polres Banyuwangi ini, harus sudah bergeser ke Polsek yang ditunjuk dan melapor ke Kapolsek masing-masing.

“Dimana nantinya para Kapolsek akan melaporkan kedatangan personel dari Mapolres setelah mereka melapor dan menempati lokasi yang ditunjuk. Laporan ini akan saya tunggu mulai pukul 19.00 WIB hari ini,” ungkap Kapolres.

Untuk hari Selasa 8 April 2014, Yusuf akan memerintahkan para perwira di jajaran Polres Banyuwangi untuk juga bergeser ke masing-masing Polsek yang sudah ditunjuk dan menjadi tanggung jawab pengamanannya sampai dengan kegiatan pengamanan ini berakhir pada hari Minggu, 13 April 2014 mendatang.

Baca Juga: Tim BPBD Lumajang Juara Umum dalam Semarak Gelar Peralatan se-Jatim, Ini Lima Arahan BNPB

“Mereka setelah datang ke polsek masing-masing, harus sudah mulai mengenali dimana TPS yang akan dijaga, dan siapa saja petugas di TPS tersebut. Sehingga terjalin komunikasi yang baik, dalam rangka mengamankan coblosan sampai hasil akhir penghitungan suara dan pengiriman kertas suara ke kecamatan,” ungkapnya.

Menurut keterangan Yusuf, untuk 1 personel polisi akan mengamankan 2 hingga 4 TPS. Tergantung dengan kondisi dari TPS yang bersangkutan. Bahkan untuk TPS yang lokasi geografisnya rawan seperti TPS yang ada di kecamatan Siliragung dan Pesanggaran, bisa 1 TPS dijaga oleh 1 personel polisi.

“Selasa 8 April 2014 akan datang bantuan 1 SSK personel Brimob dari Polda Jatim datang ke Banyuwangi untuk membantu pengamanan pemilu. Begitu juga dengan TNI yang akan membantu kita dalam pengamanan,” tambah orang nomor satu di Polres Banyuwangi ini.

Baca Juga: Rumah di Banyuwangi Rusak Usai Diterjang Hujan Deras dan Tertimpa Pohon

Keberadaan dari BKO Brimob dan TNI ini akan distandbay-kan di Polres Banyuwangi, dan akan diterjunkan ke wilayah saat diperlukan. Bahkan menurut Yusuf, kerawanan yang ada di Banyuwangi hanya kerawanan letak geografis yang ada di kecamatan Siliragung dan Pesanggaran. Dimana kedua wilayah ini harus menggunakan kendaraan trail untuk menuju TPS, karena wilayahnya berbukit. Polres Banyuwangi sudah menyiapkan armada trail untuk mengamankan TPS di kedua wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO