Dorong Peningkatan Budidaya Lele, Gubernur Khofifah: Peluangnya Besar dan Bermanfaat Cegah Stunting

Dorong Peningkatan Budidaya Lele, Gubernur Khofifah: Peluangnya Besar dan Bermanfaat Cegah Stunting Gubernur Khofifah bersama Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana saat menebar benih lele mutiara sejumlah 10.000 ekor, di Peternakan Republik Lele, Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Kamis (6/7/2023).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur untuk memanfaatkan peluang budidaya ikan lele.

Hal ini, dikarenakan market atau pasar ikan lele begitu besar di Indonesia. Selain itu, kandungan protein ikan lele juga sangat bermanfaat dalam upaya pencegahan stunting pada anak.

Ajakan pengembangan itu, secara khusus disampaikan usai Gubernur Khofifah melakukan panen sebanyak 1,6 ton lele mutiara dengan sistem sirkulasi air di Peternakan , Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten , Kamis (6/7/2023).

Bersama Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa, dan Forkopimda Kabupaten , Gubernur Khofifah juga menebar benih lele mutiara sejumlah 10.000 ekor.

Gubernur Khofifah mengatakan, budidaya ikan lele memiliki potensi luar biasa untuk berkembang. Sebab sampai saat ini, market atau pasar dari ikan lele sangat luar biasa besarnya.

“Market untuk lele ini luar biasa. Bahkan produk hasil yang biasa menyuplai Kota Surabaya itu saja sebenarnya mereka belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang ada. Untuk itu, saya sampaikan betapa marketnya ini luar biasa,” tegasnya.

Diketahui, saat ini republik lele produksinya mencapai 11 ton per hari. 8 ton diantaranya, untuk pasa Surabaya, sedangkan sisanya dikirim hingga ke Jawa Tengah. Sementara, kebutuhan di Kota Surabaya dalam sehari mencapai 15 ton.

Keberhasilan dalam mengembangkan , juga didukung dengan ekosistem hulu hingga hilir di . Mulai dari benih lele dengan varietas unggulan Mutiara mereka dapatkan dari , begitu pula dengan pakan lele.

Dalam satu kolam ikan, disebar benih lele berukuran 5-6 cm sebanyak 5000 ekor. Selang 3 bulan, kolam tersebut mampu menghasilkan 350-400 kuintal lele dengan ukuran panen 8-14 ekor per kilogram.

“Dengan potensi pasar yang begitu besar, jika budidaya ikan lele ini terus kita kuatkan maka sangat mungkin produksi lele Jatim bisa melampaui produksi bandeng di Jawa Timur,” ungkap Gubernur Khofifah.

Sejauh ini, perikanan budidaya serta perikanan tangkap di Jawa Timur, potensinya luar biasa. Khofifah optimis, dapat memberikan penguatan bagi kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, menurutnya, nomor satu terbanyak untuk perikanan budidaya di Jatim adalah Ikan bandeng. Kemudian, ikan lele, dan yang ketiga adalah udang vaname.

Sedangkan, nilai tukar nelayan ini terus mengalami peningkatan.

“Artinya juga menjadi bagian yang insya Allah akan terus bisa memberikan penguatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Mantan Menteri Sosial RI ini juga mengatakan bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jatim siap bersinergi dengan pemerintah Kab. untuk menyiapkan pembibitan indukan lele jenis mutiara. Terutama karena saat ini varietas terbaik untuk pembibitan indukan lele adalah jenis mutiara.

“Mungkin karena jenis mutiara ini lebih gurih, kemudian tahan hama dan cepat pembesarannya. Oleh sebab itu, kita bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim akan mengembangkan indukan untuk lele jenis mutiara karena memang indukannya sedang dibutuhkan," jelasnya.

Tidak hanya itu, ajakan Gubernur Khofifah dalam meningkatkan pengembangan budidaya ikan lele juga dalam rangka pencegahan stunting. Sebab lele diketahui memiliki kandungan protein tinggi yang sangat baik untuk asupan gizi mencegah stunting.

“Ikan lele sangat bagus untuk mencegah stunting. Lele juga mengandung protein, kalsium, lemak, selenium, fosfor, natrium, kalium, Vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B12. Selain itu juga mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang bagus untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf,” tegasnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO