Dinkes Kota Kediri dan Loka POM Kediri Ajak Kader Beri Edukasi Keamanan Pangan ke Masyarakat

Dinkes Kota Kediri dan Loka POM Kediri Ajak Kader Beri Edukasi Keamanan Pangan ke Masyarakat Sosialisasi keamanan pangan oleh Dinkes Kota Kediri dan Loka POM Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan bekerja sama dengan menggelar sosialisasi keamanan pangan, Senin (21/8/2023). Kegiatan tersebut mengundang 90 kader kilisuci (Kader Germas SAPA) dengan mendatangkan narasumber dari Loka POM.

Plt Kepala Dinas Kesehatan , Sumedi, mengatakan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman. Juga dijelaskan cara memastikan keamanan pangan keluarga melalui KLIK (cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa).

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Sumedi menyampaikan pentingnya memastikan kemanan karena saat ini terdapat berbagai macam bentuk pangan, baik pangan siap saji maupun pangan olahan dalam kemasan.

Menurutnya, pembinaan dan pengawasan peredarannya menjadi tugas pokok pemerintah. Namun, diperlukan peran serta kader untuk membantu pemerintah melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat.

"Kualitas pangan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia. Maka dari itu, kita berikan bimtek kepada kader kilisuci terkait keamanan pangan, yakni pangan untuk keluarga dan pangan olahan, terutama untuk anak-anak di masa pertumbuhan supaya mereka tidak sampai kurang gizi," ungkapnya.

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Sebagai tindak lanjut kegiatan hari ini, Sumedi menuturkan akan mengundang 450 orang yang akan mendapatkan penyuluhan dari para kader yang telah dibimtek. Penyuluhan akan diselenggarakan secara kesinambungan hingga lima hari ke depan.

"Ini akan estafet dan berkelanjutan terus di mana besok hingga Senin depan masing-masing kader akan membawa lima orang dan melakukan praktik penyuluhan memberikan informasi ke masyarakat tentang keamanan pangan," jelasnya.

Sumedi berharap melalui kegiatan ini para kader kilisuci dapat menjadi tangan pemerintah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya mengonsumsi pangan yang aman.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

"Dari kegiatan ini nanti harapannya masyarakat bisa ikut proaktif mengedukasi diri sendiri dan orang di sekitarnya tentang bagaimana memilih dan mengolah makanan yang aman yang salah satu muaranya juga untuk penurunan stunting," jelasnya.

Sementara itu, Winastuti, salah satu peserta asal Sukorame mengaku antusias mendengarkan materi dari narasumber. Ia menilai sosialisasi ini sangat penting karena bersinggungan dengan kesehatan.

Tidak hanya berhenti sampai di sini, sebagai kader yang telah dibekali pengetahuan, ia bertekad menjalankan menyosialisasikan ilmu yang didapat le[ada orang-orang di lingkungan terdekat dan juga untuk masyarakat luas. (uji/rev)

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO