Pemdes Moktesareh Sampang Gelar Lomba MTQ

Pemdes Moktesareh Sampang Gelar Lomba MTQ

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Moktesareh, Kecamatan Kedungdung, , mengadakan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) 2023. Kegiatan yang berlangsung untuk lingkup desa itu dilaksanakan untuk menjaring talenta dari SD atau MI.

Penjabat Kepala Desa Moktesareh, Moh Rusman Supardjo, membenarkan adanya lomba MTQ. Menurut dia, kegiatan itu hanya mampu di Desa saja karena menyesuaikan anggaran.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Gubernur Jatim M Noer di Sampang, Cipung Apresiasi Kinerja Khofifah Periode Pertama

"Kegiatan itu dari Pemdes makanya hanya tidak menerima dari peserta luar Desa," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (26/12/2023).

Ia menjelaskan, pendaftaran MTQ dibuka pada 20 Desember pekan kemarin. Adapun kegiatannya akan digelar pada 29 Desember 2023.

"Untuk pendaftaran dari tanggal 20-28. Untuk pelaksananya hari Jumat, 29 Desember besok," ungkapnya.

Baca Juga: Gagal Damai, Kasus Penipuan Mantan Bupati Sampang Berlanjut

Dalam lomba MTQ ini, Pemdes Moktesareh membagi 3 kategori, pertama, tahfidz 30 juz, lalu tahfidz surat-surat pendek, dan yang terakhir ialah tartil.

"Untuk 30 juz peserta harus umur 12 tahun 12 bulan 29 hari, adapun surat-surat pendek peserta berumur 6 tahun 12 bulan 29 hari, sedangkan untuk tartil peserta dari umur umur 12 tahun 12 bula 29 hari," urai Rusman.

Peserta yang mengikuti lomba MTQ akan diambil 3 juara. Tiga peserta terbaik akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Baca Juga: Petani Sumringah, Awal September Madura Memasuki Panen Raya Tembakau

"Dari banyaknya peserta akan dinilai oleh juri dan akan diambil tiga peserta terbaik," kata Rusman.

Sementara itu, Tokoh Desa Moktesareh, Moh. Fadol, mengapresasi MTQ yang digelar pemerintah daerah setempat yang akan berlangsung di balai desa, sebelah utara Masjid Al Azhar.

"Peserta terbaik nantinya akan mengikuti pembinaan kafilah MTQ tingkat kecamatan kedungdung tahun 2024 mendatang," ucapnya. (adv/tam/mar)

Baca Juga: Polisi Tangkap Pencuri Hp di Sampang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO