Taman Prapanca Sukses Sedot Ribuan Pengunjung, tapi tak Miliki Fasilitas Indoor

Taman Prapanca Sukses Sedot Ribuan Pengunjung, tapi tak Miliki Fasilitas Indoor Playground outdoor Taman Prapanca bikin bocil betah berlama-lama di sini. Foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkot Mojokerto sukses menyulap bekas pasar ayam di Jalan Prapanca menjadi sebuah taman keluarga yang indah. Setiap weekend dan hari libur sekolah, yang mendapat gelontoran anggaran pembangunan Rp1 miliar pada TA 2023, menjadi pilihan bagi ribuan pengunjung untuk meluangkan waktunya di tempat yang dulunya terkenal kumuh tersebut.

adalah satu dari enam bagian ruang terbuka hijau (RTH) yang telah diselesaikan pengerjaannya oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Taman yang terletak di lingkungan Cakarayam atau di sisi barat Kota Mojokerto tersebut dilengkapi area playground kekinian, gazebo, bangku taman, dan mobil-mobilan listrik, sehingga menjadi pilihan berakhir pekan bagi keluarga untuk menyenangkan si buah hati.

"Tempat ini sangat instagramable, karena ditunjang adanya lampu antik dengan ornamen klasik di setiap sudutnya. Sementara di sisi barat dilengkapi panggung untuk aktivitas pertunjukan. Sungguh cocok sebagai sarana melepas penat usai beraktivitas seharian," kata Arnold Nickolas, seorang pengunjung dari Sidoarjo yang datang bersama adik perempuannya, Jumat (21/06/2024) malam.

Keberadaan taman cukup strategis karena diapit puskesmas, kantor Kelurahan Mentikan, dan Pasar Prapanca. Saat ini mulai dipadati oleh penjaja makanan dan minuman dan penjual mainan anak dan jasa menggambar.

"Sudah bagus, Mas. Ada toilet milik Sanimas, mushola. Mungkin ke depannya bisa difasilitasi wifi, satu atau dua pohon peneduh yang besar sehingga siang bisa digunakan nyantai. Lampu penerangannya juga masih belum merata, sebelah barat dan area parkir belum ada PJU-nya," kata Ulil Amri, warga Kelurahan Meri ikut sumbang saran.

Ulil mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke Taman Prapanca ini. Ia mengaku betah berlama-lama di taman ini karena lokasinya yang nyaman.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO