Soal Pemecatan Dekan FK Unair, Prof. Puruhito: Dokter Kita Mampu Bersaing dengan Dokter Asing

Soal Pemecatan Dekan FK Unair, Prof. Puruhito: Dokter Kita Mampu Bersaing dengan Dokter Asing Prof. Puruhito (tengah) saat menghadiri aksi damai atas pemecatan Prof. Budi Santoso dari Dekan Fakultas Kesehatan Unair.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemecatan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) (), Prof. Dr. Budi Santoso, Sp.OG(k), pada Rabu (3/7/2024) kemarin, mendapatkan perlawanan dari para guru besar, dosen, hingga alumni.

Mereka menggelar aksi damai menolak diberhentikannya Prof. Bus -sapaan Budi Santoso- dari jabatan Dekan Fakultas Kedokteran , di lapangan Arca Airlangga, Kamis (4/7/2024) siang.

Pemecatan Prof. Bus disebut-sebut buntut dari pernyataannya yang menolak rencana pemerintah melalui mendatangkan dokter maupun tenaga medis asing.

Prof. Dr. Med. Puruhito, dr SpB(k) TKV, mantan Rektor tahun 2001-2006 yang hadir saat aksi damai, turut berkomentar terkait program pemerintah yang bakal mendatangkan tenaga medis asing untuk ditugaskan di Rumah Sakit Adam Malik, Medan, Sumatera Utara.

Menurutnya, Indonesia tidak kekurangan dokter dengan kualitas baik. "Bukan kekurangan, tapi distribusinya saja, produksi kita cukup memberikan jaminan dokter kita baik," ungkap Puruhito kepada wartawan.

Puruhito menceritakan bahwa di Waikabubak, Flores, tidak ada dokter. Dari Labuhan Bajo sampai Ende hanya terdapat dua puskesmas.

"Sulit ya, jadi kita distribusinya saja. Sedangkan kalau di Jakarta ada 30-40 ribu dokter spesialis, yang salah siapa?" katanya menjelaskan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO