Pabrikan Ragukan Kualitas, Petani Tembakau di Bondowoso Terancam Gulung Tikar

Pabrikan Ragukan Kualitas, Petani Tembakau di Bondowoso Terancam Gulung Tikar Petani sedang membersihkan abu vulkanik gunung raung dari daun tembakau.

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Ribuan petani tembakau di Kabupaten Bondowoso resah dengan hasil panennya yang tidak bisa terjual ke gudang atau pabrik tembakau dengan alasan kualitas tembakau bondowoso masih diragukan karena terkena paparan abu vulkanik.

Nimanto salah satu petani tembakau mengatakan berbagai alasan dikemukakan pihak pabrikan kepada para petani. Padahal, pabrikan seharusnya sudah membeli tembakau petani sejak bulan Juli lalu.

"Alasan gudang sejak dahulu seperti itu, selalu penjelasan klasik. Sekarang yang dijadikan alasan malah abu Gunung Raung. Alasan pihak pabrikan tidak relevan karena tidak ada pengaruh pada tembakau," ujar Nimanto saat usai pertemuan antara petani dan pabrikan rokok di Dishutbun, Rabu (16/9).

Nimanto mengatakan bahwa hal ini terjadi karena Dishutbun tidak melakukan pertemuan dengan petani. "Andai saja kami diajak berdialog, kami kan bisa tahu apa yang diinginkan pabrikan. Sehingga tidak akan ada alasan pabrik menolak tembakau kami," imbuhnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Ketua Asosiasi Indonesia (APTI) Bondowoso, Yazid, yang menuntut Pemerintah Kabupaten untuk mengeluarkan aturan tetap terkait pembelian tembakau milik petani.

Hal ini dilakukan agar petani tembakau di Bondowoso mendapatkan kepastian, kapan gudang akan buka dan melakukan pembelian tembakau.

"Kami menuntut agar ada kebijakan atau regulasi yang berpihak kepada petani tembakau. Selama ini itu tidak dilakukan. Kami berharap ada kepastian kapan gudang membuka dan melakukan pembelian. Karena saat ini kondisi petani sedang terkapar," ujar Yazid.

Saat ini, kata Yazid, hanya 700 hektar lahan tembakau yang terikat kontrak atau bermitra dengan gudang atau pabrikan. "Dipastikan yang bermitra yang paling diutamakan oleh pabrikan, Sementara sisanya masih menunggu kejelasan kapan akan dilakukan pembelian tembakau tersebut kepada para petani," pungkasnya. (gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO