Wamen PU: Tol Tengah Surabaya Penting!

SURABAYA (bangsaonline) - Pemerintah Pusat masih menganggap penting adanya tol tengah kota di sebagai upaya mempercepat arus logistik dan juga mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Sistem tol itu untuk memilah lalu lintas yang sifatnya hanya lewat saja. Jangan sampai kendaraan peti kemas bercampur dengan kendaraan bermotor. Akibatnya banyak terjadi kecelakaan," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Akhmad Hermanto Dardakusai menjadi pembicara dalam acara Musyawarah Provinsi Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) Jatim, di , Senin (28/4/2014).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga tidak mempermasalahkan ada proyek angkutan massal cepat (AMC) yang sekarang terus dimatangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) .

Menurut dia, proyek berupa trem dan monorel itu tetap penting karena sebagai kota besar, butuh sarana transportasi yang memadai. Transportasi massal ini berfungsi untuk mengurai kemacetan lalu lintas di pusat-pusat kota.

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, tol tengah kota itu tetap perlu untuk mempercepat arus logistik di Jatim. Apalagi Jatim merupakan daerah penopang ekonomi Nasional.

Pembangunan infrastruktur berupa tol tengah bertujuan untuk menghubungkan kota-kota satelit di sekitar , seperti Gresik, Bangkalan, Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto.

Bisa jadi, lanjut dia, nantinya ada keterpaduan antara proyek AMC dengan tol tengah kota. Artinya, tol tengah kota untuk memperlancar arus logistik atau barang, sedangkan AMC untuk mempercepat mobilitas manusia.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO