TMA Terus Meningkat, Puluhan Hektare Padi Siap Panen di Bojonegoro Mulai Terendam

TMA Terus Meningkat, Puluhan Hektare Padi Siap Panen di Bojonegoro Mulai Terendam DIKEJAR AIR: Para petani di Kecamatan Baureno Bojonegoro, terpaksa memanen tanaman padinya untuk meminimalisir kerugian. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro terus meningkat. Air terus naik dari tiap menitnya. Bahkan, saat ini ketinggian air hampir menyentuh siaga dua atau pada titik 13.45 peilschal pada pukul 12.00 WIB, Senin (8/2/16).

Bahkan, beberapa wilayah di bantaran sungai terpanjang di pulau jawa itu sudah mulai tergenang, di antaranya kelurahan Ledok kulon, Kecamatan/Kota Bojonegoro, Desa Pilang Kecamatan Kanor serta Desa Kalisari Kecamatan Baureno.

Di Kecamatan Baureno, tepatnya di Desa Kalisari dilaporkan bahwa sedikitnya 26 hektare (ha) tanaman padi siap panen saat ini sedang terendam air. Air mulai merendam tanaman padi yang baru menguning itu pada siang tadi sekira pukul 11.00 WIB.

"Padi yang terendam itu bisa gagal panen. Taksiran (kerugian,red) sementara senilai Rp 690 juta," ujar kepala pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo.

Sebagian petani di Kecamatan Baureno banyak yang melakukan panen dini padinya, misalnya di Desa Kauman, Karangdayu, Pomahan dan beberapa desa di Kecamatan Baureno dan Kanor. Itu dilakukan untuk menghindari kerugian yang cukup banyak.

"Potensi naiknya debit air sungai masih akan terjadi hingga nanti malam, apalagi jika ditambah kiriman air dari sejumlah anak sungai di Bojonegoro dan Tuban, pasti akan terus bertambah," jelasnya.

Meski air sungai sudah meluber, namun hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan tentang pemukiman warga yang terendam. "Baru menerima laporan adanya lahan persawahan yang terendam," tuturnya.

Andik mengimbau agar masyarakat mulai waspada jika sewaktu-waktu air menggenangi perkampungan warga. Selain itu, seluruh kepala desa beserta camat di wilayah bantaran Sungai Bengawan Solo diminta proaktif memberikan informasi terhadap perkembangan ketinggian air. (nur/rev)

Update: Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro saat ini sudah menyentuh siaga dua atau pada titik 14.45 peilschal pada pukul 15.00 WIB, Senin sore (8/2/16).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO